Penampakan Perdana Unreal Engine 5 untuk PS5

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Mei 2020 04:44 WIB
    Penampakan Perdana Unreal Engine 5 untuk PS5
    Demo kualitas grafis gane yang dibuat menggunakan Unreal Engine 5 dari Epic Games.
    Jakarta: Alasan untuk upgrade dari PlayStation 4 ke PlayStation 5 (PS5) akhir tahun ini menjadi semakin jelas. Publisher sekaligus developer game Epic Games baru saja memamerkan game engine terbarunya yaitu Unreal Engine 5.

    Unreal Engine 5 dipastikan hadir di PlayStation 5 lewat game-game yang diciptakan dengan mengandalkan basis teknologi grafis ini. Epic Games telah memarmerkan performa atau kualitas dari Unreal Engine 5 secara real-time alias langsung dari PlayStation 5.

    Dikutip dari Engadget, Unreal Engine 5 menyajikan kualitas grafis memukau yang menghilangkan perbedaan antara grafis sebuah game dengan film. Melihat langsung video demo yang beredar di internet atau akun YouTube Unreal Engine, kami mengakui sangat terpikat oleh visual yang disajikan.

    Baca: Politisi Amerika Mau Kampanye Virtual di Game Fortnite?

    Dijelaskan di awal video oleh Technical Director of Graphics Epic Games, Brian Karis, dan Special Project Arts Epic Games, Jerome Platteaux bahwa Unreal Engine 5 tidak hanya menyajikan kualitas visual atau grafis yang lebih baik. Developer game akan diringankan beban pekerjaannya dengan teknologi ceras di dalam game engine tersebut.

    Pertama, ada teknologi Nantite yang melkakukan virtualized micropolygon geometry. Penjelasan sederhananya, developer game terutama desainer bisa memasukan konten aset game dan melakukan rendering dengan kualitas setara film hingga resolusi 8K.



    Efeknya, teknologi ini bisa menyajikan grafis atau visual yang tidak telrihat seperti animasi di dalam game melainkan terasa seperti film dengan tingkat detil yang tinggi.

    Teknologi kedua efek pencahayaan dinamis yang disebut sebagai Lumen. Unreal Engine 5 akan menyediakan fitur full dynamic global illumination. Jadi perubahan cahaya di dalam arena permainan atau game akan sangat nyata. Setiap pergerakan cahaya atau sudut pandang akan memperlihatkan detil yang berbeda.

    Diketahui bahwa efek cahaya dan bayangan yang nyata dan akurat di dalam game mampu membuat animasi atau grafis sebuah game terlihat semakin nyata. Makanya, teknologi pencahayaan dinamis di dalam game akan memiliki peran sangat penting dalam kualitas grafis atau visual yang disajikan.

    Epic Games juga melakukan peningkatan teknologi audio di Unreal Engine 5. Teknologi bernama Convolution Reverb memungkin game bisa mengukur resonansi suara yang dihasilkan di dalam dunia nyata dan direproduksi di dalam game dengan kualitas yang berbeda atau dimodifikasi.

    Baca: Tony Hawk's Pro Skater 1 dan 2 Kebagian Versi Remastered

    Misalnya, developer game akan mereka audio asli dari gema sebuah bunyi di dalam gua sebenarnya. Kemudian rekaman ini digunakan secara virtual di dalam game. Teknologi tadi akan membuat developer bisa menciptakan rekaman suara tadi dengan karakteristik yang berbeda.

    Hasilnya, tidak hanya pengalaman bermain yang lebih seru dan nyata dari sisi kualitas grafis atau visual tapi juga audio. Berdasarkan vidoe demo yang diperlihatkan, Unreal Engine 5 memberikan visual game yang lebih halus dan detil seperti sebuah film alias semakin nyata.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id