Pandemi Covid-19 Bikin Penjualan Game Digital Meroket

    Cahyandaru Kuncorojati - 03 April 2020 12:47 WIB
    Pandemi Covid-19 Bikin Penjualan Game Digital Meroket
    Ilustrasi. (Shutterstock)
    Jakarta: Di tengah ancaman bahaya pandemi COVID-19 atau virus Korona, justru industri game juga mendapatkan angin segar. Laporan terbaru dari berbaga sumber menyebut penjualan game meningkat signifikan.

    Hal ini tidak terlepas dari pilihan bermain game sebagai hiburan di tengah physical distancing. WHO yang setahun lalu menyebut adiksi game sebagai gangguan kejiwaan kini justru mengimbau bermain game untuk melakoni physical distancing dengan mudah.

    Dikutip dari situs Games Industry, firma riset pasar GSD menemukan ada kenaikan jumlah penjualan game terutama dalam versi digital dengan cara diunduh. Jumlah unduhan game dari 16 perusahaan game di berbagai benua menunjukan peningkatan.

    Dicatat bahwa penjualan game dari pasar di berbagai benua pada periode 16-22 Maret 2020 terjadi peningkatan hingga 63 persen. Game terbaru di Nintendo Switch seperti Animal Crossing: New Horizons menjadi yang terlaris di beberapa pasar atau negara.

    Baca: Menjajal CoD: Modern Wafare 2 Remastered di PC, Ini Spesifikasinya

    Tercatat ada 2,74 juta game dari gabungan semua publisher sudah diunduh pada periode 16-22 Maret 2020. Angka ini mewakili peningkatan jumlah unduhan mencapa 52,9 persen. Data yang menarik juga ditemukan pada negara yang sudah melakukan lockdown.

    Dibeberkan bahwa negara yang sudah melakukan lockdown justru menghasilkan angka penjualan game versi digital yang lebih besar lagi. Misalnya di Prancis tercatat angka penjualan game versi digital menyentuh 180 persen pada 16-22 Maret 2020.

    Negara lain yaitu Spanyol juga mencatat pada tanggal 9-15 Maret 2020 jumlah penjualan game versi digital melonjak hingga 142,8 persen. Beralih ke Italia lebih dulu melakukan lockdown pada 9 Maret 2020 mencatata bahwa di minggu pertama ada peningkatan hingga 174,9 persen.

    Baca: Lawan COVID-19, Kemenkominfo dan AGI Gelar Kompetisi Membuat Game

    Semua angka persentas tadi merupakan perbandingan jumlah penjualan dgitala atau unduhan dari mingu ke minggu atau per minggu. Belum diketahui apakah data terbaru juga masih memperlihatkan peningkatan.

    Diketahui bahwa Sony PlayStation dan perusahaan penyedia layanan game online ikut menurunkan kapasitas bandwidth yang berimbas menurunnya kecepatan unduh dari server. Hal ini dilakukan untuk mengalokasikan trafik internet bagi pihak yang menangani COVID-19.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id