Piala Presiden Esports 2020 Siap Digelar Skala Internasional

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Oktober 2019 15:33 WIB
    Piala Presiden Esports 2020 Siap Digelar Skala Internasional
    Pengumuman pelaksanaan Piala Presiden Esports 2020.
    Jakarta: Piala Presiden Esports 2020 resmi diumumkan lewat seremoni kick off di Tenis Indoor Stadium GBK Senayam Jakarta, Minggu 13 Oktober 2019. Pengumuman ini berlangsung dalam pelaksanaan Grand Final Turnamen Free Fire Indonesia Masters Season 2.

    Piala Presiden Esports 2020 kini mencakup peserta dari seluruh negara Asia Tenggara. Tidak hanya itu, ada beberapa game yang akan dipertandingkan salah satunya adalah Free Fire. Berbeda dari acara tahun lalu yang hanya untuk tingkat nasional dan memainkan satu game.

    "Hari ini secara resmi kita memulai seluruh rangkaian Piala Presiden Esports 2020. Dengan harapan besar bahwa esports dan atlet-atlet di Indonesia akan terus berkembang dan membawa prestasi bagi bangsa. Kita menunjukan dan membuktikan bahwa dalam esports, Indonesia bisa dan Indonesia juara," tutur Ketua Panitia Piala Presiden Esports, Giring Ganesha.

    Mengusung tagline #EsportsUntukNegeri, Giring menunjukan bahwa acara ini didukung oleh jajaran pemerintah. Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah lembaga pemerintah yang berkolaborasi mendukung kompetisi esports ini sejak tahun pertamanya.

    Giring menyebutkan beberapa negara Asia Tenggara dengan industri esports yang sama tingginya sudah menyatakan siap berpartisipasi. Beberapa negara ini di antaranya, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

    Bersama dengan Giring, Kepala Staf Kepresidenan, Jend. TNI (Purn) Moeldoko menyatakan bahwa kompetisi esports ini wajib meningkat ke skala internasional. Tujuannya agar esports di Indonesia bsia bersaing dan kompetitif dengan negara lain.

    "Sesuai visi SDM Unggul Indonesia Maju, maka penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 membawa semangat dan optimisme bahwa SDM muda Indonesia sanggup bersaing secara global dan mampu mengharumkan nama bangsa di bidang esports," ungkap Moeldoko.

    "Potensi atlet-atlet kita di esports itu luar biasa. Demikian halnya dari sisi ekonomi kreatif, potensi industri esports kita juga bisa bersaing global. Maka dari itu, cita-cita kita melalui Piala Presiden Esports ini adalah bagaimana membuat Indonesia menjadi mercusuar esports, minimal di Asia Tenggara," jelasnya.

    Giring memastikan Piala Presiden Esports 2020 mempertandingkan beberapa game, yaitu Free Fire dan eFootball PES 2020 yang memiliki jenjang internasional untuk karir atlet esports Indonesia, satu game casual Mobile Premier League, dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id