Moonton Bantah Mobile Legends Monopoli Turnamen Esports MOBA

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 Juli 2021 12:07 WIB
    Moonton Bantah Mobile Legends Monopoli Turnamen Esports MOBA
    Ilustrasi.



    Jakarta: Genre game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) adalah salah satu yang populer di berbagai belahan dunia pada platform PC terutama mobile dengan sejumlah game yang bersaing keras lewat daya tarik ekosistem esports. Namun beberapa waktu lalu kabar tidak enak terdengar dari Moonton sebagai developer Mobile Legends: Bang Bang.

    Kabar yang beredar sempat menyebut Moonton ingin memonopoli atau menguasai pasar genre MOBA dengan cara yang kurang pantas mengandalkan seri turnamen Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL).

     



    Dikutip dari Dot Esports, di sebuah video YouTube game LoL Wild Rift seorang pro player Onic Esports Indonesia, Govher “Gov Tallulembang Madethen sempat mengaku bahwa Moonton ingin memonopoli dengan cara mewajibkan tim esports yang berlaga MPL harus membubarkan divisi tim LoL Wild Rift yang merupakan milik Riot Games selaku kompetitornya.

    Sayangnya video tersebut sudah dihapus dan Govher sendiri enggan memberikan pernyataan lebih lanjut. Tidak lama, dua tim esports di Indonesia yaitu Onic Esports dan Bigetron Esports mengumumkan perpisahan dengan masing-masing divisi LoL Wild Rift yang disampaikan lewat akun Instagram resmi kedua tim.

    Padahal kedua tim sama-sama telah mengukir prestasi hingga ke turnamen tingkat Asia Tenggara. Riot Games di Indonesia memang semakin gencar menggelar turnamen terutama sejak resmi menghadirkan game LoL Wild Rift ke Indonesia.

    Meskipun pihak Moonton membantah rumor tersebut dan enggan memberikan komentar, namun pihak internal dari turnamen MPL sempat membocorkan informasi kepada situs esports Filipina terkait tuduhan tersebut.

    Dikutip dari situs Spin Filipina, Moonton menawarkan kontrak yang bersifat opsional. Apabila sebuah tim esports memilih untuk ekslusif hanya bertanding di MPL dari Moonton maka mereka akan menerima keuntungan tambahan alias benefit. Belum dijelaskan bentuk benefit yang akan diterima oleh tim esports.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id