Game Lokal Juga Dimainkan di Piala Presiden Esports 2020

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Oktober 2019 18:46 WIB
    Game Lokal Juga Dimainkan di Piala Presiden Esports 2020
    Game Free Fire masuk dalam daftar game yang akan dimainkan di Piala Presiden Esports 2020.
    Jakarta: Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports, Giring Ganesha memastikan bahwa di kompetisi tahun kedua tidak hanya satu game dipertandingkan tapi ada beberapa. Menariknya salah satu game yang dipertandingkan adalah game lokal.

    Namun saat ini game lokal tersebut masih dalam tahap pencarian. Pada acara kick off Piala Presiden Esports 2020 hari Minggu, 13 Oktober 2019, di Tennis Indoor Stadiun GBK Senayan, Jakarta, Giring memberikan sedikit informasi tersebut.

    Dia menyebutkan bahwa game lokal ini masih dalam tahap kurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional. Ada beberapa game lokal yang sudah masuk dalam tahap seleksi. Lima game yang disebutkan adalah Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl.

    Lebih detil lagi, Giring menyatakan game lokal yang berpotensi dan kini sedang diseleksi tidak hanya karena dibuat oleh developer lokal. Game ini harus memenuhi beberapa indikator yang diajukan.

    "Ada sejumlah parameter yang menjadi pertimbangan dewan kurasi, di mana Badan Ekonomi Kreatif dan Kemenkominfo terlibat penuh dalam tiap prosesnya. Yang pertama adalah game ini harus dikembangkan developer lokal Indonesia," tutur Giring.

    "Kedua, memenuhi unsur esports dan kompetisi, apakah game ini besar potensinya sebagai esports. Kemudian ketiga harus playable, harus punya kelayakan dari mekanisme gamenya, imbuhnya.

    Giring menyadari bahwa setiap ada genre game yang laris di pasar, biasanya akan ada developer yang berusaha membuat yang mirip. Di sini Giring memberikan satu persyaratan yang harus dipenuhi game lokal.

    "Terakhir, orisinalitas, harus dipastikan seluruh elemen game-nya garapan lokal, bukan cuma re-skin dari engine yang berasal dari luar negeri," ungkap Giring.

    Dijelaskan Giring bahwa dengan kehadiran game lokal di komeptisi ini diharapkan bisa membuka ruang dan menjadi pemicu tumbuhnya industri game lokal Indonesia. Nantinya hanya ada satu game yang terpilih untuk dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020.

    Giring sudah menyebutkan bahwa ada empat game yang akan dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020. Free Fire dan eFootball PES 2020 yang memiliki jenjang internasional untuk karir atlet esports Indonesia, satu game kasual Mobile Premier League, dan satu game lokal.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id