Jangkau Asia Tenggara, Piala Presiden Esports 2020 Mulai Kualifikasi

    Cahyandaru Kuncorojati - 15 Oktober 2019 16:24 WIB
    Jangkau Asia Tenggara, Piala Presiden Esports 2020 Mulai Kualifikasi
    Piala Presiden Esports 2020.
    Jakarta: Piala Presiden Esports 2020 resmi berlangsung. Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports, Giring Ganesha, dan Kepala Staf Kepresidenan, Jend. TNI (Purn) Moeldoko serta Kemenkominfo, Kemenpora dan BEKRAF mengumumkannya di Tennis Indoor Stadium GBK Senayan, Jakarta pada Minggu 13 Oktober 2019.

    Kini Piala Presiden Esports 2020 memperluas skala kompetisinya ke tingkat internasional, yaitu Asia Tenggara. Beberapa negara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja menyatakan ikut dalam acara ini.

    Usai acara kick off Piala Presiden Esports 2020 diumumkan rangkaian acara yang akan digelar karena kali skala kompetisi sudah menuertakan negara tetangga. Rangkaian Piala Presiden Esports 2020 akan dimulai dengan kualifikasi reegional dalam negeeri sekaligus Asia Tenggara.

    Final Kualifikasi di Thailand akan berlangsung pada 19 Oktober 2019. Final Kualifikasi Vietnam pada 26 Oktober 2019. Final Kualifikasi Malaysia dan Singapura masing-masing pada 14 dan 15 Desember 2019. Sementara Final Kualifikasi Filipina dan Kamboja masing-masing pada 21 dan 22 Desember 2019.

    Tahap kualifikasi nasional, akan dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Final Kualifikasi Indonesia Timur diadakan di Surabaya pada 11-12 Januari 2020 dan Final Kualifikasi Indonesia Barat diselenggarakan di Bandung pada 18-19 Januari 2020. Terakhir, babak Grand Final akan mempertemukan semua Juara Final Kualifikasi, pada 1-2 Februari 2020 di Jakarta.

    Giring memastikan Piala Presiden Esports 2020 mempertandingkan beberapa game, yaitu Free Fire dan eFootball PES 2020 yang memiliki jenjang internasional untuk karir atlet esports Indonesia, satu game casual Mobile Premier League, dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional.

    Berbeda dari tahun lalu, Piala Presiden Esports 2019 hanya mempertandingkan satu game yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Alasannya saat itu karena game ini termasuk yang sangat populer. Kompetisi ini terbukti mampu menjaring tim-tim esports baru terutama berasal dari daerah.

    Selain diikuti oleh tim-time esports profesional yang bermain di liga IESPL yang dimiliki oleh Giring, Piala Presiden Esports 2019 membuktikan bahwa tren esports juga sampai ke pelosok Indonesia.

    "Hari ini secara resmi kita memulai seluruh rangkaian Piala Presiden Esports 2020. Dengan harapan besar bahwa esports dan atlet-atlet di Indonesia akan terus berkembang dan membawa prestasi bagi bangsa. Kita menunjukan dan membuktikan bahwa dalam esports, Indonesia bisa dan Indonesia juara," tutur Giring.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id