Indonesia Jadi Tuan Rumah Free Fire Champions Cup 2020

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Februari 2020 11:52 WIB
    Indonesia Jadi Tuan Rumah Free Fire Champions Cup 2020
    (kiri-kanan) Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, dan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto.
    Jakarta: Industri esports Indonesia kembali mendapatkan momen untuk bisa mendapatkan perhatian internasional. Dilaporkan bahwa Indonesia mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah event esports internasional dari game Free Fire.

    Free Fire Championship Cup 2020 akan berlangsung pada 19 April 2020 di Jakarta. Turnamen esports ini akan memperebutkan hadian total senilai Rp8,18 miliar. Di laga final ada 12 tim yang akan bertanding dan merupakan perwakilan dari berbagai negara di empat benua yaitu Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

    "Terpilihnya Indonesia sebagai penyelenggara kejuaraan Free Fire Champions Cup menunjukan bahwa ekosistem esports Tanah Air terus terbangun. Mulai dari komunitas hingga industri esports mampu memberi dampak positif terhadap ekonomi digital," tutur Direktur Garena Indonesia, Hans Kurniadi Saleh.

    "Kami terus berupaya menjadi bagian dalam perkembangan esports di Indonesia yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah," imbuh Hans di konferensi pers yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

    Hans mengklaim bahwa penyelenggaraan turnamen esports ini merupakan prestasi bagi Indonesia. Alasannya, untuk menjadi tuan rumah Indonesia harus melalui proses negosiasi dan bidding yang cukup panjang. Hanya negara-negara dengan indikator pertumbuhan esports yang baik yang bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Free Fire.

    Penelusuran Medcom.id, turnamen game Free Fire di Indonesia memang cukup ramai. Bahkan game ini sudah masuk sebagai salah satu yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020.

    Garena mengklaim bahwa Free Fire Champions Cup 2020 di Jakarta menandai pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah turnamen esports bertaraf dunia yang diikuti oleh negara-negara dari berbagai benua.

    Indonesia sendiri menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah turnamen ini. Sebelumnya Thailand sukses menyelenggarakan Free Fire World Cup 2019 di Bangkok. Di turnamen tersebut tim EVOS Indonesia berhasil menjadi juara pertama.

    Rencana penyelenggaraan Free Fire Championship Cup 2020 ini juga sudah direspon positif oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengatakan pihaknya mendukung penuh turnamen tersebut demi melahirkan talenta-talenta esports Indonesia yang berprestasi.

    Garena juga mengklaim pelaksanaan turnamen ini mendapatkan dukungan serupa dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, dengan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia esports akan secara langsung memberi dampak positif terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id