Ketua RT dan RW di Padang Diminta Lebih Inovatif Membina Warga

    Antara - 29 Maret 2017 09:09 WIB
    Ketua RT dan RW di Padang Diminta Lebih Inovatif Membina Warga
    Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah -- ANT/Irwansyah Putra
    medcom.id, Padang: Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meminta ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di wilayahnya kreatif dan inovatif dalam membina warganya.

    "RT dan RW memegang peran membentuk karakteristik warganya dalam kehidupan sosial masyarakat," kata Mahyeldi di Padang, Sumatera Barat, Rabu, 29 Maret 2017.

    Mahyeldi menyebut, Ketua RT dan RW adalah perpanjangan tangan pemerintah melalui pendekatan sosial masyarakat. Hal ini menjadikan semua program yang dicetuskan pemerintah disosialisasikan melalui RT dan RW.

    Namun, lanjut Mahyeldi, dalam eksekusinya bergantung pada kemampuan dan kreatifitas masing-masing pimpinan warga. "Seperti menanam cabai, RT dan RW di seluruh Padang mulai menginisiasi program tersebut," ujarnya.

    Dalam hal ini, RT atau RW memiliki pandangan dan rencana tersendiri untuk warganya terkait menanam cabai. Seperti di Koto Tangah, warga bersama pemuda karang taruna menanam cabai dalam pot plastik dan saat ini telah panen.

    Menurut Mahyeldi, kreativitas juga termasuk dalam menangani bencana, laporan kerusakan, urusan kependudukan, hingga bantuan sosial. "Terpenting dari RT dan RW itu sasarannya tercapai dan tidak diukur dengan uang," ujar dia.

    Meski saat ini ada tambahan dana operasional bagi Ketua RT dan RW, Mahyeldi berharap dana tersebut digunakan untuk kepentingan sosial warga.

    Sementara itu, pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi mengatakan, lingkungan kelurahan beserta perangkatnya perlu jadi perhatian lebih pemerintah kota. "Cerminan tercapainya program dan kualitas hasil pelayanan dapat terlihat dari kinerja di dalam kelurahan yang menentukan kecamatan dan seterusnya kota," ujarnya.



    (NIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id