Dua Kapal di Selat Singapura Tabrakan

    Anwar Sadat Guna - 07 Februari 2019 12:55 WIB
    Dua Kapal di Selat Singapura Tabrakan
    Tim SAR Tanjungpinang melakukan persiapan pencarian ABK TB Koi 3 di perairan Selat Singapura, Kamis, 7 Februari 2019.
    Batam: Dua kapal, yakni kapal tanker Shun Sheng dan tug boat (TB) Koi 3 yang menarik tongkang Koi 5 bermuatan pasir, saling tabrakan di Perairan Selat Singapura, Kamis, 7 Februari 2019. Dua ABK TB Koi 3 hilang dan masih dalam pencarian. 

    Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan (SAR) Klas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi, mengatakan, informasi kecelakaan tersebut diterima dari otoritas pengelola pelabuhan (MPA) Singapura, sekitar pukul 04.57 WIB.

    "Tabrakan terjadi di Perairan Selat Singapura pada posisi 01.09.9 N - 103 41.41 E. Empat orang ABK TB Koi 3 selamat dan dua korban hilang masih dalam pencarian," ujar Budi. 

    Mendapatkan informasi tersebut, SAR Tanjungpinang langsung mengerahkan KN Purworejo 101 untuk melakukan pertolongan dan pencarian. 

    Jarak ke lokasi, kata Budi, heading 280 derajat arah barat laut dengan jarak dari dermaga KN Purworejo yakni 18 NM. Perkiraan cuaca, sambungnya, cerah berawan, kecepatan angin 1 sampai 16 knots, potensi gelombang laut tinggi 0.1 hingga 1 meter. 

    "Kami langsung mengerahkan KN SAR Purworejo 101 dengam jumlah personel sebanyak 18 crew. Lima personel Pos SAR Batam juga bergerak ke lokasi kejadian dan membawa peralatan lainnya," ujarnya. 

    Informasi yang didapatkan, kapal TB Koi 3 merupakan kapal berbendera Sierre Leone. Dengan jumlah kru kapal 6 orang. Rute kapal yakni Pasir Gudang menuju Tuas. 

    Selain personel SAR, operasi pencarian dan pertolongan juga dibantu oleh Lanal Batam dan Pos TNI AL Pulau Nipah.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id