• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 22 SEP 2018 terkumpul RP 20.111.547.901

1.500 Personel Gabungan Bersihkan Danau Toba

Farida Noris - 12 Juli 2018 16:59 wib
Personel gabungan melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan
Personel gabungan melakukan kegiatan bakti sosial pembersihan pinggiran Danau Toba di Pelabuhan Tigaras. (ist)

Medan: Sebanyak 1.500 orang personel gabungan melakukan kegiatan bakti sosial membersihkan pinggiran Danau Toba di Pelabuhan Tigaras. Kegiatan itu dilakukan pascainsiden karamnya KM Sinar Bangun yang menyebabkan 164 penumpang belum ditemukan pada Senin 18 Juni 2018 silam. 

"Sejumlah tim gabungan dari Brimob Polda Sumut, Basarnas, PT Perkebunan Nusantara 3 dan 4, Pramuka, Dit Polair Polda Sumut, Polres Simalungun, Kodim 0207/SML serta relawan," ujar Dirpolair Polda Sumut, Kombes Pol Drs Yosi Muhamartha, Kamis, 12 Juli 2018.



Kegiatan ini, kata Yosi, untuk menindaklanjuti perintah Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw sebagai jawaban kearifan lokal bahwa Danau Toba kotor dan tercemar.

"Kita ikut menggugah hati masyarakat Tigaras dan seluruh lapisan masyarakat untuk aktif memelihara kebersihan Danau Toba dan peduli lingkungan," jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga, tim gabungan melepaskan udang lobster dan ikan mas ke Danau Toba. Tim gabungan menyisir bibir pantai, areal Pelabuhan Tigaras, Jalan dari Pelabuhan menuju Pantai Paris, lokasi Masjid Al Hikmah Tigaras hingga menuju Tambun Raya.

"Kegiatan ini dilakukan agar Danau Toba lebih bersih dan tidak tercemar. Kita orang luar menunjukkan bahwa kita juga peduli kebersihan di Tigaras, agar dapat ditiru oleh warga masyarakat setempat," bebernya.



Seperti diketahui, KM Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba, saat berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun), Senin 18 Juni 2018 sekitar pukul 17.30 wib. Kapal kayu ini tenggelam sekitar 1 mil laut dari Pelabuhan Tigaras. 

Total korban yang ditemukan yakni 21 orang, 18 diantaranya selamat, dan tiga orang lainnya tewas. Namun pencarian korban lainnya dihentikan lantaran terkendala kedalaman Danau Toba. Berdasarkan data yang dirilis Basarnas, ada 164 penumpang yang belum ditemukan tenggelam bersama bangkai kapal. 


(ALB)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.