14 Dam Lahar Hujan Sinabung Ditarget Selesai 2019

    Farida Noris - 01 Maret 2018 10:46 WIB
    14 Dam Lahar Hujan Sinabung Ditarget Selesai 2019
    Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanis, di Karo, Sumatra Utara. (ANT/TIBTA PERANGINANGIN)
    Medan: Sebanyak 14 dam dibangun di beberapa desa di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk tempat mengalirnya lahar hujan dari erupsi Gunung Sinabung. Pembangunan belasan dam itu sengaja dilakukan agar lahar hujan tidak meluap dan mengalir ke permukiman dan lahan pertanian. 

    Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Willem Rampangilei, mengatakan 10 dam yang dibangun bakal selesai akhir 2018. Sementara itu, 4 dam akan selesai akhir 2019.

    "Ada 14 titik yang akan dibangun, termasuk di Desa Sukatendel, Kutambaru, dan Mardingding. Kegunaaannya untuk mengendalikan material yang dibawa arus ketika terjadi banjir lahar yang berdampak buruk bagi warga sekitarnya," ucap Willem saat meninjau pembangunan dam di Kecamatan Tiganderket, Rabu 28 Februari 2018. 

    Willem menuturkan pembangunan dam memerlukan light tower, safety warning, dan system sirene. Selain itu, diperlukan pengadaan 6 unit beko untuk membersihkan lahar hujan.

    "Pembangunan dam ini sebagai proyek infrastruktur dalam rangka rehabilitasi dan relokasi dari bencana alam erupsi Sinabung. Untuk mencegah aliran lahar hujan, diharapkan pembangunannya tepat waktu," paparnya.


    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id