KPPU Endus Permainan Harga Kartel Telur Ayam

    Farida Noris - 27 Juli 2018 16:47 WIB
    KPPU Endus Permainan Harga Kartel Telur Ayam
    Ketua KPPU Medan Ramli Simanjuntak usai acara diskusi dengan pengusaha pakan ternak di Kantor KPPU Medan, Jumat, 17 Juli 2018. Medcom.id/Farida Noris
    Medan: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan menemukan indikasi permainan kartel pada penetapan harga telur ayam ras di Sumatera Utara. Permainan ini menyebabkan harga telur ayam ras melonjak tajam di Kota Medan sejak beberapa pekan terakhir.

    KPPU Medan mengendus kesepakatan kartel menaikkan harga telur. Kartel juga membagi-bagi 'lapak' di tingkat asosiasi peternak ayam petelur.

    "Hampir 80 persen di industri petelur adalah peternak mandiri yang juga tergabung dalam asosiasi. Ada informasi, mereka yang mengatur soal harga," kata Ketua KPPU Medan Ramli Simanjuntak usai acara diskusi dengan pengusaha pakan ternak di Kantor KPPU Medan, Jumat, 17 Juli 2018.

    Baca: Harga Daging Ayam di Medan Tembus Rp39 Ribu/Kg

    Indikasi praktik kartel harga telur ayam juga terjadi di tingkat agen. Karena itu, KPPU Medan masih mendata jumlah agen telur di Kota Medan.

    "Apakah agen ini pelaku kenaikan harga, itu masih menjadi pertanyaan. Indikasinya masih kami teliti apakah perilaku pengusaha atau agen telur," tegas dia.

    Ramli mengatakan melemahnya nilai tukar rupiah yang menyentuh level Rp14.475 per USD sebenarnya tidak begitu berpengaruh terhadap kenaikan harga telur ayam ras. Apalagi, impor pakan dan ternak tidak dilakukan setiap hari.

    "Jika memang terbukti, akan kita proses sesuai hukum," bebernya.

    Baca: Harga Daging Ayam di Tanjungpinang Melejit


     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id