Belitung Timur Rancang Pelabuhan Baru

    Antara - 17 Desember 2018 13:26 WIB
    Belitung Timur Rancang Pelabuhan Baru
    Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
    Manggar: Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, akan membangun pelabuhan baru di Kecamatan Dendang. Pelabuhan ini untuk mempermudah akses barang yang keluar dan masuk dari berbagai daerah.

    "Rencana pembangunan Pelabuhan Dendang ini sudah disampaikan kepada presiden dan mendapat respons yang baik, anggarannya dari APBN sekitar 50 miliar untuk tahap awal," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur, Adlan Taufik di Manggar, Senin, 17 Desember 2018.

    Ia menjelaskan rencana pembangunan akan dilakukan pada 2020 jika proses lahan sudah resmi bersertifikat. Lahan yang disediakan seluas 1,67 hektare sedang dalam proses hibah dari PT Sahabat Mewah Makmur.

    "Setelah dihibahkan, baru kemudian proses sertifikasi dari Badan Pertanahan Nasional. Anggaran untuk sertifikasi sudah disiapkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Belitung Timur," katanya.

    Ia mengatakan Pelabuhan Dendang ini akan menjadi pelabuhan yang cukup representatif untuk arus investasi di Kabupaten Belitung Timur.

    "Selain itu, dengan adanya pelabuhan Dendang harga-harga barang kebutuhan pokok dapat ditekan, mengingat jaraknya yang relatif lebih dekat dengan Jakarta," jelasnya.

    Kecamatan Dendang merupakan wilayah yang kaya akan hasil laut terutama kepiting dan udang, industri olahan rumah tangga dan kerajinan tradisional yang diusahakan masyarakat setempat.

    Selain itu, wilayah dendang juga memiliki kekayaan alam dan objek wisata yang berpotensi untuk dikembangkan diantaranya Pantai Batu Lalang, Makam Raja Balok dan Pemandian Sukma Alam.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id