57 Napi Lapas Langkat Masih Berkeliaran dan Diburu

    Antara - 20 Mei 2019 19:36 WIB
    57 Napi Lapas Langkat Masih Berkeliaran dan Diburu
    rajurit TNI berjaga di depan Lapas Narkotika Kelas III Langkat pasca kerusuhan yang terjadi, di Langkat, Sumatera Utara, Kamis, 16 Mei 2019. Antara/Irsan Mulyadi
    Medan: Sebanyak 57 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Simpang Ladang, Langkat, Sumatera Utara, masih berkeliaran di luar sel. Puluhan warga binaan itu kabur saat kerusuhan beberapa hari silam.

    "Narapidana yang menyerahkan diri tercatat sebanyak 113 orang dari jumlah 170 orang yang kabur saat terjadinya kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Langkat," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Dewa Putu Gede seperti dilansir Antara, Senin, 20 Mei 2019.
    "Napi yang menyerahkan diri secara baik-baik tetap diberikan perlindungan dan tidak akan disakiti, karena mereka telah menyadari perbuatannya," ujar Putu Gede.

    Ia berharap warga binaan yang masih buron kembali dengan kesadaran sendiri. Mereka dapat menyerahkan diri ke Lapas Narkotika Langkat maupun polsek setempat.

    "Silakan, para napi yang kabur kembali ke Lapas Narkotika Langkat untuk menjalani sisa hukuman, dan dapat mematuhi ketentuan yang berlaku," katanya.

    Sebanyak tiga narapidana yang melarikan diri diserahkan warga. Dua dari tiga napi tersebut diserahkan warga ke Rumah Tahanan Negara Tanjungpura, sedangkan satu orang lagi ke Polsek Hinai.

    Jumlah warga binaan Lapas Narkoba Langkat sebanyak 1.634 orang. Sebanyak 170 di antaranya melarikan diri saat peristiwa kerusuhan dan pembakaran pada Kamis siang, 16 Mei 2019. Sebanyak 12 sepeda motor dan lima mobil dibakar. Sejumlah fasilitas lapas juga dilaporkan terbakar.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id