Harga Bawang Putih di Muratara Tembus Rp100 Ribu/Kg

    Antara - 09 Mei 2019 04:36 WIB
    Harga Bawang Putih di Muratara Tembus Rp100 Ribu/Kg
    Ilustrasi bawang putih. MI/Panca Syurkani
    Muratara: Warga Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan mengeluhkan lonjakan harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional. Harga bawang putih melejit hingga Rp100.000 per kilogram.

    "Dengan kondisi harga bawang putih Rp100.000 per kilogram (Kg) seperti saat ini sangat memberatkan masyarakat," keluh salah seorang warga, Azizah saat belanja di pasar Pasar Lawang Agung, Musi Rawas Utara (Muratara), Rabu, 8 Mei 2019.

    Harga bawang putih merangkak naik sejak menjelang bulan Ramadan. Harga bawang putih yang semula Rp30 ribu per kilogram, kemudian naik Rp60 ribu per kilogram dan kini menembus angka Rp100 ribu per kilogram.

    Nurpalah, warga Kabupaten Muratara lainnya berharap pemerintah segera mencari solusi untuk kenaikan harga bawang putih yang tidak terkontrol ini. Dia khawatir harga terus meningkat jelang Idulfitri.

    "Seperti biasanya, mendekati hari raya Idulfitri nanti akan mengalami lonjakan lagi, termasuk kebutuhan pangan lainnya," harapnya.

    Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Muratara, Syamsu Anwar secara terpisah mengatakan, kenaikan harga komoditas bawang putih karena dipicu kelangkaan pasokan.

    "Seperti biasanya, sudah menjadi hukum pasar jika terjadi kelangkaan pasokan dan juga permintaan meningkat, maka akan mengalami kenaikan harga," ujarnya.

    Pihaknya akan membentuk tim khusus untuk mengecek ke sejumlah pasar tradisional di daerah.  Disperindagkop akan berkoordinasi dengan distributor untuk memastikan ketersediaan bawang putih agar harga eceran kembali normal.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id