Racik Sendiri, Nikmati Makan Sehat nan Enak

    Sunnaholomi Halakrispen - 11 Desember 2019 18:18 WIB
    Racik Sendiri, Nikmati Makan Sehat nan Enak
    Grain Traders, restoran yang membiarkan pengunjungnya meracik sendiri kuliner sehat (Foto: Krispen/Medcom.id)
    Jakarta: Terbayangkan makanan sehat telah dikemas sedemikian rupa oleh si pembuat dan terasa tidak enak. Tapi, makanan sehat dan enak sesuai selera, siapa yang tak mau?

    Kalau membuat sendiri makanan sehat mungkin membuat Anda berpikir keras, tentang apakah sudah layak dan cocok dikonsumsi tubuh Anda. Cara memasak yang tidak tepat pun menjadi perkara sendiri. Bahkan sebelum makan sudah semakin pusing.

    Ada salah satu restoran yang menyediakan makanan sehat, tapi Anda bisa meracik sendiri menu yang Anda inginkan di dalam satu piring. Mulai dari jenis nasi, lauk-pauk, sayuran, dan dessert. Semuanya Anda yang bebas menentukan.

    Adalah Grain Traders, restoran yang berlokasi di World Trade 5, Jakarta Selatan. Di dekat pintu masuk, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan cozy dari jejeran sofa dan ada satu tempat tanaman gandum yang tertata cantik.

    Beragam menu sehat, racik sendiri

    Tak jauh dari gandum itu, ada etalase yang berisi bermacam menu sehat yang bisa Anda pilih. Ya, Anda bebas memilih apapun yang Anda suka untuk menjadi satu porsi menu makanan siap dinikmati.

    Semua yang tersaji di etalase merupakan bahan-bahan yang didapatkan secara lokal, sesuai dengan musim panen sayuran dan bahan yang dipamerkan. Makanan pun dimasak secara langsung di depan pelanggan.

    Konsep open kitchen ini menarik karena pelanggan bisa menyaksikan beragam metode memasak, yakni panggang, bakar, tumis, dan sous-vide. Kemudian, disiapkan dalam dapur fine dining dengan penekanan pada proses memasak slow cooking.

    Racik Sendiri, Nikmati Makan Sehat nan Enak

    Proses memasak satu ini membangun cita rasa masakan yang khas, tanpa perasa artifisial, bahan makanan yang diproses, atau tambahan gula. Contohnya, Pineapple Kimchi difermentasikan selama 24 jam untuk menghasilkan rasa segar dan pedas yang alami. Tentunya tetap kaya akan vitamin dan probiotik yang mendukung kesehatan saluran pencernaan.

    Menu yang ada di Grain Traders dirancang oleh Culinary Director, Gisela Salazar Golding. Dalam satu porsi, pelanggan dibebaskan berkreasi menciptakan kombinasi makanan sendiri dengan pilihan 6 grain, 7 protein, 16 sayuran, 6 dressing dan 7 topping.

    Misalnya, berkreasi meracik satu porsi makanan dengan kreasi pilihan protein ikan salmon. Dilengkapi dengan soba, cauliflower, sweet potato with cheakpeas, mix bean pico de galo, coconut curry sauce, furikake, dan sambal matah. Satu menu itu hanya seharga Rp115 ribu.

    Menyatukan kuliner, desain, dan musik

    Restoran asal Singapura ini pertama kali didirikan pada 2015. Penyedia kuliner ini pertama kali hadir di Indonesia di area World Trade Centre 5, Jakarta Selatan.

    Harga makanan per porsinya terbilang worth it. Mulai dari Rp85 ribu hingga Rp115 ribu. Ada kategori harga, yakni Rp85 ribu untuk pilihan proteinnya ayam dan vegetarian.

    Sedangkan harga Rp100 ribu untuk pilihan protein ikan tuna dan Rp115 ribu untuk pilihan salmon, beef steak, atau lamb. Tidak hanya dapat menikmati makanan sehat, tetapi juga makanan enak sehingga puas dinikmati.

    Racik Sendiri, Nikmati Makan Sehat nan Enak
    Suasana Grain Trades (Foto: Krispen/Medcom.id)

    Jika Anda kebingungan memilih menu, pelayan di balik etalase makanan siap membantu Anda menjelaskan menu apa saja yang tersedia. Konsultasi singkat mengenai makanan apa yang cocok untuk tubuh Anda berdasarkan nilai kalori, juga bisa dilakukan.

    Anda akan dilayani dengan sangat ramah. Chef Gisel mengatakan bahwa setiap orang penting untuk mengetahui apa yang dimakan.

    "U will be on your cheff. Jika tidak bisa combine, akan dibantu pelayan. Ini penting untuk paham apa yang kita makan, segalanya harus seimbang. Gula, kalori, lemak, dan lain-lain, agar tidak berlebih," jelasnya.

    Penyatuan antara kuliner, desain, dan musik, menjadikan lokasi ini nyaman sebagai tempat makan bahkan untuk berlama-lama menikmati suasana yang tenang. Terdapat grain silo yang menggantung di langit-langit yang telah dilukis oleh berbagai seniman Indonesia.

    Terlihat juga salah satu dinding yang menampilkan instalasi berbahan metal dari seniman asal Amerika Serikat, Brandon Breaux. Pada instalasi itu, ditampilkan seorang ibu yang sedang memanen gandum.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id