Mengunjungi Restoran Tertua di Dunia

    Raka Lestari - 19 Mei 2020 22:22 WIB
    Mengunjungi Restoran Tertua di Dunia
    Botin Restaurant tampak dari depan. (Foto: Istagram Girija Oak Godbole/@girijaoakgodbole)
    Jakarta: Botin Restaurant merupakan restoran tertua di dunia yang terletak di Spanyol yang sudah beroperasi selama 293 tahun. Restoran ini pertama kali dibuka pada tahun 1725 dan terus beroperasi sampai sekarang. 

    Gudang bawah tanah restoran ini bahkan sudah dibangun sejak tahun 1950, sehingga ketika mengunjungi gudang bawah tanah seperti sedang berada di masa lalu. 

    Luis Javier Sanchez Alvarez, deputy manager dari Botin Restaurant menjelaskan, “Salah satu bagian terpenting dari restoran ini adalah oven. Oven ini merupakan harta yang paling berharga bagi restoran ini," katanya.

    "Oven ini sudah beroperasi selama 293 tahun lamanya dan kami tidak pernah mematikannya,” ujar Alvarez. 

    “Oven ini harus tetap panas pada malam hari agar bisa digunakan untuk memanggang pada pagi harinya. Itulah mengapa kami tidak pernah mematikan oven ini. Ada aroma yang sangat spesial, yang luar biasa,” ujar Alvarez. 

    Mengunjungi Restoran Tertua di Dunia
    (Memasak masih menggunakan oven yang sama sejak tahun 1725. Foto: Dok. Great Big Story)

    Menurutnya, hidangan andalan dari Botin Restaurant ini adalah suckling pig roast. Daging anak babi ini dipanggang di oven yang menjadi legenda di restoran tersebut sehingga menghasilkan kulit yang sangat renyah. 

    “Dan kayu dari halm oak yang menjadi kayu bakar menjadi sentuhan akhir yang membuat hidangan daging babi sangat nikmat,” kata Alvarez. 

    “Resep kami sudah sangat tua, yang didapatkan dari leluhur yang memulai membuka restoran ini. Dan resep tersebut yang selalu kami gunakan sampai saat ini sehingga memiliki rasa yang persis sama seperti yang dibuat oleh para pendahulu yang membuka restoran ini,” tutur Alvarez. 

    Alvarez juga menambahkan, “Namun, tetap saja restoran ini harus mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu kami memberikan desain yang menarik pada setiap alat makan yang digunakan oleh pelanggan,” katanya. 

    “Saya sendiri sudah bekerja di restoran ini selama 41 tahun dan menurut saya restoran ini sudah seperti rumah untuk saya. Ketika berada di sini, saya merasa nyaman," aku Alvarez.

    "Penting untuk selalu menjaga tradisi dari hidangan yang ada di restoran ini. Setiap resep-resep tua harus dijaga dan tidak boleh dilupakan. Kami berharap restoran ini bisa selalu buka di tahun-tahun mendatang,” tutup Alvarez. 




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id