Cuka Tua yang Berkualitas Layaknya Wine di Jepang

    Kumara Anggita - 27 Mei 2020 19:33 WIB
    Cuka Tua yang Berkualitas Layaknya Wine di Jepang
    Cuka ala Jepang yang disebut dengan kurozo ini layaknya wine. Semakin tua semakin hitam semakin mahal. (Foto: Dok. Great Big Story)
    Jakarta: Wine atau anggur adalah minuman yang semakin lama disimpan, semakin berkualitas. Oleh karena itu, wine yang tua harganya akan lebih mahal. Namun pernahkan Anda terbayang bila penyimpanan ini juga berlaku pada cuka?

    Dinukil dari Great Big Story, Tadaaki Kuramoto, seorang brewmaster bercerita tentang cuka ini. Dia bilang bahwa yang dia buat bernama Kurozo, sebuah tipe cuka yang warnanya hitam.

    Untuk membuatnya ada tiga bahan utama yang digunakan antara lain beras malt, nasi putih, dan air tanah. Setelah itu, dia dijemur di bawah sinar matahari.

    “Kami menggunakan metode tradisional yang memanfaatkan energi dari sinar matahari dan membiarkan bahan-bahan terfermentasi secara natural,” jelasnya.

    Cuka Tua yang Berkualitas Layaknya Wine di Jepang
    (Fermentasi natural dilakukan oleh Tadaaki Kuramoto untuk membuat kurozo. Ada ribuan kendi tanah liat milik Tadaaki untuk membuat kurozo. Foto: Dok. Great Big Story)

    Dia meletakkan cuka ini di semacam kendi hitam yan besar di lapangan. Ada sekitar 52.000 kendi di sana. Cuka ini kemudian disimpan dalam waktu yang lama layaknya wine. Semakin lama disimpan di sana maka kualitasnya akan semakin baik.

    “Semakin lama cuka ini disimpan, warnanya akan semakin menghitam. Glukosa dan asam amino berekasi dan membuat warna yang gelap,” ujarnya.

    Bagaimana rasa kurozo? Menurut Tadaaki, rasa kurozo lembut. Baunya juga tak begitu kuat. Cuka ini bisa dimasukkan ke smoothies, sup, saus, minuman dan masih banyak lagi.

    Tak hanya itu, kuruzo ini juga dipercaya baik untuk kesehatan. Katanya, mereka sudah membawanya ke apoteker. Tadaaki Kuramoto sangat bangga dan menikmati pekerjaannya. Segala proses pembuatannya menjadi pengalaman indah untuknya.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id