Cara Membuat 'Garbage Plate'

    Sunnaholomi Halakrispen - 14 Mei 2020 06:00 WIB
    Cara Membuat 'Garbage Plate'
    Tak sesuram namanya, Garbage Plate bisa mengenyangkan Anda dan rasanya lezat. (Foto: Dok. YouTube Great Big Story)
    Jakarta: Garbage plate atau piring sampah bukan berarti piring bekas. Dan jangan terjebak dengan arti yang sesungguhnya, karena rasa dari Garbage Plate ini tak sesuram namanya lho.

    Ungkapan pada makanan yang dikemas seperti sampah (maksudnya adalah berbagai menu yang dituang saja di atas piring) berasal dari Rochester, New York. Sebagian besar mahasiswa di daerah Rochester membantu mempopulerkan hidangan ini.

    Walau nama itu mungkin tidak terdengar menggugah selera, tetapi ini adalah makanan yang sempurna untuk menemani akhir pekan sambil menonton sepak bola atau setelah malam yang panjang. 

    Dasar dari hidangan ini adalah kombinasi dari salad makaroni, kacang panggang, dan kentang goreng. Setelah lapisan pertama, muncul burger, sosis, atau lapisan hot dog. Mulai merasa lapar? Tahan dulu.

    Cara Membuat 'Garbage Plate'
    (Tak sesuram namanya, Garbage Plate bisa mengenyangkan perut Anda. Foto: Dok. YouTube Great Big Story)

    Berikut resep yang bisa menjadi rekomendasi Anda dengan menggunakan burger sebagai lapisan kedua. Lapisan terakhirnya, saus daging yang lezat diikuti oleh racikan saus kecap, mustard, dan saus pedas. 
     

    Dan jika Anda tertarik membuat menu yang sudah ada sejak 1918 ini berikut resepnya.

     

    1. Langkah pertama, siapkan bahan-bahan

    Siapkan kentang berukuran kecil, empat daging burger, irisan keju, salad makaroni setengah matang, air, saus tomat, mustard kuning, dan bubuk cabai. Kemudian, bubuk paprika merah, bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, garam, dan lada.

    2. Langkah kedua, membuat hash-browns

    Setelah mencuci kentang, potong-potong, dan taruh dalam wajan yang dilumuri dengan api sedang. Tambahkan garam dan merica untuk penambah rasanya, kemudian masak sampai berwarna coklat keemasan atau sesuai keinginan.

    Cara Membuat 'Garbage Plate'
    (Menu bernama unik ini disukai karena harganya yang tak terlalu mahal. Foto: Dok. YouTube Great Big Story)

    3. Langkah ketiga, membuat burger

    Masak dua daging burger dalam wajan berminyak dengan api sedang. Bumbui dengan garam, merica, bubuk bawang merah, dan bubuk bawang putih. Masak sampai bagian tengah agak merah muda atau sesuai selera Anda.

    Saat tahapan ini, cukup balikkan daging sekali untuk memasak secara merata dan jangan menekan daging untuk membuatnya tetap juicy. Lalu, tiriskan.

    4. Langkah keempat, membuat saus daging

    Masukkan kedua daging burger lainnya ke dalam wajan berminyak di atas api sedang. Kemudian, hancurkan daging menjadi potongan-potongan kecil. Tambahkan 1/4 gelas air dan masak sampai dagingnya berwarna coklat. 

    Setelah itu, tambahkan bubuk cabai merah, bubuk bawang merah, bubuk bawang putih, mustard, dan saus tomat. Aduk sampai saus mengental dan bahan-bahan tercampur rata.

    5. Langkah kelima, susun lapisan

    Lapisan pertama, letakkan bersebelahan antara Hash-Browns dan Macaroni Salad di atas piring. Makanan yang tinggi karbohidrat ini berfungsi sebagai dasar hidangan.

    Pada lapisan kedua, tambahkan dua daging burger yang telah matang. Lapisan kedua adalah lapisan protein utama hidangan. 

    Sedangkan pada lapisan ketiga, tambahkan sepotong keju di atas daging. Kemudian, tambahkan saus daging di atas semua lapisan lainnya. Taburi dengan saus tomat, mustard, dan saus pedas. Sajikan dengan sepotong roti. Nah, percaya kan kalau menu ini menggugah selera. Jadi, jangan terjebak dengan namanya ya.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id