Alasan Kenapa Es Krim Turki Tak Mudah Meleleh

    Kumara Anggita - 17 Mei 2020 13:41 WIB
    Alasan Kenapa Es Krim Turki Tak Mudah Meleleh
    Ada alasan mengapa es krim khas Turki tak mudah meleleh. Berikut ini selengkapnya. (Foto: Dok. Great Big Story)
    Jakarta: Bila bicara tentang es krim, pasti yang kita pikirkan adalah sesuatu yang akan meleleh namun ternyata persepsi Anda tentang es krim itu bisa berubah ketika Anda ke Turki. 

    Dilansir dari Great Big Story, ada es krim bernama Es Krim Maras. Es krim ini berasal dari Kahramanmaras, Turki. Es krim ini teksturnya kenyal, lentur, tidak berbau seperti es krim pada umumya, dan harus dipotong dengan pisau. 

    Atilla Kanbur, Generasi Keempat Pembuat Es Krim pun bercerita bahwa es krim yang dia buat adalah resep warisan dari leluhur. “Kita adalah pembuat es krim tertua di Maras,” ungkapnya.

    Dan es krim ini laku keras di tempatnya. “Kita memproduksi lima ton es krim per jam. Kita buat berbagai rasa es krim yang bisa Anda bayangkan,” jelasnya. 

    Alasan Kenapa Es Krim Turki Tak Mudah Meleleh
    (Salah satu rahasia kenapa es krim khas Turki tak meleleh adalah adanya bahan salep. Salep adalah akar dari Aggrek liar. Foto: Dok. Great Big Story)

    Dia menyebutkan bahwa ada tiga bahan yang digunakan dalam membuat Es Krim Maras yaitu susu kambing. “Di gunung Ahir, ada tanaman seperti Thyme dan Tragacanth (yang merupakan panganan mirip karet yang alami). Kambing-kambing itu makan itu. Jadi kita tanam herbal aromatik yang buat susunya lebih beraroma,” ungkapnya.

    Kedua adalah gula. “Gula penting untuk kita. Tidak semua gula punya standar yang sama. Kita analisis di lab kita dan memutuskan pabrik gula mana yang cocon buat kita,” jelasnya.

    Bahan terakhir adalah Salep (bukan salep obat-obatan). “Yang paling penting dari bahah es krim kita adalah Salep. Salep adalah akar Anggek liar,” kata Atilla. Jadi es krim ini bisa elastis dan beraroma karena peran Salep tersebut.

    Dia mengungkapkan semakin Anda memutar es krimnya, maka semakin elastis es krim tersebut. Itulah es krim unik dari Turki. Jangan lupa untuk mencobanya bila Anda berkunjung ke sana. 



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id