Berwisata ke Taman Masa Depan Lewat Instalasi Digital

    K. Yudha Wirakusuma - 18 Juni 2019 17:05 WIB
    Berwisata ke Taman Masa Depan Lewat Instalasi Digital
    Karya seni instalasi digital TeamLab--Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.
    Masyarakat Jakarta memiliki kesempatan untuk berwisata ke taman masa depan. Mereka dapat berinteraksi dengan tumbuhan dan hewan instalasi digital. Ada bermacam sensasi istimewa yang dapat dirasakan.

    Jakarta: Saat pertama melangkahkan kaki pertama, kita sudah disambut bunga-bunga tumbuh dari tubuh-tubuh binatang. Perlahan bunga-bunga bertunas, mekar, menyebar, kemudian menghilang.

    Ketika kita menyentuhnya, binatang, bunga-bunga akan menyebar. Kemudian bunga sudah tersebar, maka binatang pun akan menghilang. Bunga dan tanaman tersebut tidak hidup, melainkan satu dari lima karya seni instalasi digital berjudul Animals of Flowers, Symbiotic Lives karya TeamLab.

    TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives adalah pameran seni interaktif terbesar di Jakarta, dengan menggunakan teknologi digital yang mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation).

    Instalasi interaktif kedua yang bakal dipamerkan yaitu Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn. Di sini pengunjung akan terbenam dalam satu ekosistem seni yang berisi karya seni yang digambar oleh pengunjung. Makhluk hidup makan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya, sehingga menciptakan satu ekosistem yang berkesinambungan.

    Pengunjung dapat menggambar binatang yang dan memakan binatang lain, jumlahnya akan bertambah. Apabila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain, dia akan mati dan sirna.

    Ketika pengunjung berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki pengunjung. Sebaliknya jika pengunjung berjalan, maka bunga tersebut akan ikut berpencar. Kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga, dan buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak.
    Berwisata ke Taman Masa Depan Lewat Instalasi Digital
    Karya seni dari teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives--Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.

    Instalasi interaktif ketiga yaitu Sliding through the Fruit Field. Ini adalah tempat meluncur di mana buah-buahan bertumbuh. Berbagai jenis buah tumbuh di permukaan miring ini. Bola-bola juga memantul ke sana kemari.

    Pengunjung bertindak sebagai sinar matahari, dan meluncur menuruni lereng ini. Ketika tubuh Anda bertabrakan dengan bola-bola, energi sinar mataharinya akan tertransfer ke bola-bola tersebut, sehingga mereka akan terpental ke berbagai arah. Ketika bola-bola bertabrakan dengan buah, buah akan mulai bertumbuh.

    Setiap bola memiliki peran yang berbeda-beda, tergantung dari warnanya. Sebagai contoh, bola biru melambangkan air, sehingga ketika bola biru menyentuh benih, maka benih akan bertumbuh, bertunas, dan mekar.

    Ketika bola kuning bercorak lebah madu menyentuh bunga, maka bunga akan diserbuki dan akan berbuah. Ketika buah terkena bola, benih baru ditaburkan, dan menghadirkan kehidupan yang baru.

    Instalasi interaktif keempat yaitu Sketch Aquarium. Di tempat ini Pengunjung diajak untuk menggambar hewan laut sesuai imajinasi mereka dan akan ditampilkan di akuarium raksasa di mana hasil karya mereka menjadi hidup dan bisa berenang serta bereaksi terhadap sentuhan.

    Instalasi interaktif kelima yaitu Light Ball Orchestra. Di lokasi ini, pengunjung dapat menggelindingkan bola-bola cahaya ini untuk mengubah warna dan suaranya, sehingga bola-bola ini akan membentuk sebuah orkestra!

    Bola-bola yang berada di atas kepala Anda ini saling terhubung satu sama lain; jika anda menyentuh satu bola, maka bola-bola di sekitarnya akan terpengaruh, sehingga warnanya akan berubah ke seluruh ruang. Gelindingkan bola di depan Anda dan bola itu akan berubah warna dan menghasilkan suara.

    Di dalam ruangan ini, Anda dapat menggunakan tubuh Anda untuk menyentuh bola-bola yang terdiri dari berbagai ukuran, agar dapat mengubah warna ruangan dan juga membentuk suatu alunan musik.
    Berwisata ke Taman Masa Depan Lewat Instalasi Digital
    Konfrensi pers teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives--Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.

    Untuk memberikan pengalaman yang optimal bagi pengunjung, teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives memiliki batas maksimum pengunjung untuk setiap sesinya.

    "Hadirnya teamLab di Jakarta, membuat pecinta seni tidak perlu jauh- jauh ke Tokyo ataupun Singapura untuk mengeksplorasi kreativitas tanpa batas bersama seluruh anggota keluarga melalui instalasi digital interaktif,” kata CEO teamLab Kids, Akitae Matsumoto, di Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Juni 2019.

    Dengan teknologi digital yang digunakan oleh teamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas. Berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar. "Sehingga menciptakan momen unik yang mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif sehingga dapat memberikan pengalaman hubungan antar manusia yang harmonis dan kooperatif,” terangnya.

    Dia mengatakan, Teamlab dibuat 600 orang dan tak semuanya adalah ahli digital.

    Kenapa Indonesia?


    Indonesia dipilih menjadi salah satu negara karena antusias masyarakat Indonesia. Hal tersebut terlihat saat dua pameran besar di Tokyo mendatangkan 3, 5 juta orang. "Banyak juga orang Indonesia datang ke sana," terangnya

    TeamLab sudah melakukan pameran di seluruh dunia. Dan Indonesia adalah negara yang menghargai tekhnologi.  "Sesuai kebutuhan masing-masing tempat dan negara," terangnya.

    Sementara itu, CEO Sorak Gemilang Entertainment (SGE) Live, Mervi Sumali sangat bangga dapat menghadirkan teamLab ke Jakarta. "Pameran seni semakin menjadi primadona di Indonesia, hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi di setiap event seni di Tanah Air," paparnya.

    Dalam kesempatan yang sama, CMO Narada Asset Management, N. Anie Puspitasari
    mendukung SGE Live yang selalu menghadirkan kegiatan edukatif dan seni untuk seluruh keluarga.

    Berwisata ke Taman Masa Depan Lewat Instalasi Digital

    Karya seni dari teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives--Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma.

    Hal ini sejalan dengan semangat Narada sebagai life partner bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup. "Salah satunya kebutuhan rekreasi dimana perencanaan dan pengelolaan keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan tujuan hidup,” imbuhnya

    Hadir di area seluas 2.000 meter persegi

    TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ akan hadir di Gandaria City pada area seluas 2.000 meter persegi dan akan dibuka mulai 20 Juni hingga 20 Desember 2019 di Gandaria City.

    Pameran diadakan setiap 30 menit sekali diawali dari jam 10 pagi sampai pukul 22.00 WIB. Dan tiketnya dibanderol Rp.135,000. Sementara pada akhir pekan dan hari Libur Nasional, Hari Libur Sekolah Rp. 150,000.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id