Tarian Kabut Hutan Pinus Mangunan

    Arthurio Oktavianus Arthadiputra - 01 Juni 2020 18:16 WIB
    Tarian Kabut Hutan Pinus Mangunan
    Pemandangan hijau dengan aroma wangi hutan pinus sangat segar dan mampu menghapus kejenuhan rutinitas yang membosankan. (Foto: Arthurio Oktavianus)
    Yogyakarta: Hutan pinus yang homogen sudah sejak lama menjadi destinasi wisata alam yang indah. Namun, bila Anda berkunjung ke hutan pinus Mangunan, keindahan alam semakin sempurna dengan tarian kabut tipis di antara pepohonan yang menjulang tinggi.

    Lokasi hutan pinus Mangunan berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Akses jalan menuju tempat ini sangat mudah, berupa jalan aspal mulus. Anda mungkin akan sering berpapasan dengan para pesepeda, karena merupakan jalur lintasan para penggemar olahraga kendaraan kayuhan kaki tersebut.

    Bila dari pusat Kota Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan berjarak tempuh sekitar 23 kilometer. Waktu yang dihabiskan dalam perjalanan sekitar 60 menit menggunakan kendaraan bermotor. 

    Tiba di kawasan hutan pinus Mangunan, keteduhan segera terasa dengan pohon yang tinggi menjulang dan pemandangan indah berupa dedaunan pinus yang khas dan menggapai langit biru.

    Tarian Kabut Hutan Pinus Mangunan
    (Dedaunan pinus yang khas pada ketinggian pohon di hutan pinus Mangunan menghadirkan pemandangan indah seperti  menjulang menggapai langit biru. Foto: Arthurio Oktavianus)

    Waktu yang tepat

    Agar bisa menikmati pesona alam yang ada di hutan pinus Mangunan, butuh waktu yang tepat bagi Anda yang hanya memiliki waktu berkunjung yang sempit. Pagi buta untuk melihat tarian kabut di antara pepohonan, siang hari untuk menjelajah area hutan dan sore hari untuk spot senja.

    Bila pagi hari, aroma pepohonan pinus yang segar seperti bonus tambahan yang bisa dihirup bebas. Bau tanah yang basah diselingi aroma khas hutan pinus, sembari melihat kabut tipis yang seakan menari menyelimuti seluruh hutan. 

    Pemandangan penuh kabut tipis ini seperti membawa Anda menjadi tokoh utama dalam film cerita misteri, saat berada di sana. Bayangkan hanya Anda sendiri dalam hutan dengan pohon-pohon tinggi dan kabut di mana-mana. Seru bukan?

    Akan lebih seru kalau Anda dan sahabat bisa menghabiskan waktu bersama di hutan pinus Mangunan dengan berkemah. Sekaligus menunggu momen keren untuk mengabadikan gambar di hutan pinus.

    Tarian Kabut Hutan Pinus Mangunan
    (Kabut tipis pagi hari menjadi pemandangan indah yang menyelimuti pepohonan hutan pinus di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Foto: Arthurio Oktavianus)

    Wisata keluarga

    Hutan pinus Mangunan menjadi tempat traveling yang mengasyikkan untuk dilakukan sendirian atau pun bersama kerabat dan keluarga. Fasilitas tersedia bisa dikatakan lengkap, berupa tempat bersantai, musala, warung makan, toilet dan area parkir yang luas.

    Selain itu juga, ada tempat outbond, area camping dan taman-taman yang bisa dimanfaatkan untuk waktu bercengkrama bersama keluarga. Spot ini semakin ciamik dengan gantungan hammock warna-warni nan indah.

    Kursi kayu dan gazebo yang tersedia bisa untuk bersantai sambil menikmati pesona alam dan sejuknya udara di hutan pinus Mangunan. Di sisi selatan, ada rumah pohon yang bisa melihat sekeliling hutan dari ketinggian.

    Pun ada panggung kayu di tengah hutan di antara pepohonan pinus dengan bangku penonton yang terbuat dari bahan kayu. Panggung ini biasanya digunakan untuk tempat pertunjukan musik dan sebagainya. 





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id