Berjuta Manfaat Kimchi

    Dhaifurrakhman Abas - 21 Agustus 2019 14:44 WIB
    Berjuta Manfaat Kimchi
    Kimchi (Foto: sbs)
    Kimchi merupakan hidangan tradisional asal Korea yang berasal dari sayuran yang difermentasi. Kimchi berkhasiat mengatasi masalah kerontokan.


    Jakarta: Kimchi merupakan hidangan tradisional asal Korea yang berasal dari sayuran yang difermentasi. Biasanya kimchi disajikan dengan bumbu pedas.

    Tak pelak, kimchi ini menjadi salah satu masakan masyarakat Korea karena rasa dan bumbunya yang nikmat. Akan tetapi ketenaran kimchi bukan karena rasanya saja.

    Dilansir dari nextshark, ada khasiat tersembunyi yang bisa dirasakan saat mengonsumsi makanan tersebut. Sebuah studi dari Universitas Dankook, Korea Selatan mengatakan, makanan fermentasi mengandung khasiat yang dapat mengatasi masalah kerontokan rambut.

    Dalam studi itu, khasiat kimchi dibuktikan melalui serangkaian penelitian terhadap 23 orang responden. Para responden merupakan orang-orang yang mengalami masalah kerontokan rambut.

    Lantas para responden tersebut diinstruksikan untuk meminum air kimchi sebelum sarapan dan tidur. Proses tersebut dilakukan secara terus menerus selama empat bulan masa penelitian.

    Setelah masa uji coba dilakukan, peneliti mengungkapkan hasil yang cukup mencengangkan. Kimchi berhasil menumbuhkan rambut peserta dari 85 rambut per sentimeter persegi kulit kepala menjadi 90 pada bulan pertama. Hal itu meningkat menjadi 92 rambut per sentimeter pada bulan keempat.

    Hanya saja, mengobati rambut menggunakan kimchi tampaknya memiliki efek negatif. Hal itu diungkapkan lewat penelitian yang dituangkan World Journal of Men’s Health.

    “Obat saat ini dapat memiliki efek buruk sehingga penggunaannya biasanya sementara. Kami menemukan kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membalikkan kebotakan. Ini adalah strategi perawatan yang lebih aman bagi pasien,” terang sejumlah peneliti.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id