Nikmatnya Menyeruput Kopi dalam Kesunyian

    Raka Lestari - 23 Oktober 2019 09:13 WIB
    Nikmatnya Menyeruput Kopi dalam Kesunyian
    Menu andalan di kafe ini, Kopi Susu Pandan dan Kopi Susu Sunyi serta Rice Bowl Sunyi Ayam Saus Wijen. (Foto: Khalisah/Medcom.id)
    Jakarta: Bosan dengan suasana coffee shop yang biasa-biasa saja? Cobalah untuk mengunjungi Sunyi House of Coffee and Hope yang berada di kawasan Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.

    Kafe ini tepatnya beralamat di Jl. RS. Fatmawati Raya No 15, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, kafe ini berada sekitar 10 menit dari Stasiun MRT Cipete.

    Apa yang membedakannya dengan coffee shop pada umumnya? Di sini, mulai dari tukang parkir, chef, dan para baristanya merupakan para difabel. Mereka adalah para penderita tuna rungu dan tuna daksa. Tidak perlu khawatir ketika akan memesan menu, karena saat berada di depan kasir, terdapat simbol-simbol bahasa isyarat yang bisa dipraktekkan saat memesan.

    Nikmatnya Menyeruput Kopi dalam Kesunyian
    Demi bercita-cita ingin mengajarkan kesetaraan bagi para difabel, Kafe Sunyi dibuka. (Foto: Khalisah/Medcom.id)

    Mario Gultom, founder dari Sunyi House of Coffe and Hope menjelaskan buat yang baru pertama kali ke sini. Pertama tenang saja karena dengan senang hati teman-teman barista akan mengajarkan cara memesan menu.

    Nikmatnya Menyeruput Kopi dalam Kesunyian
    Mario Gultom, founder dari Sunyi House of Coffe and Hope (kiri). Foto: Khalisah/Medcom.id)

    "Kami ada guidance di sebelah menu untuk memberi tahu cara memesannya bagaimana. Dan yang ketiga, bisa langsung ditulis saja," terang Mario kepada Medcom.id.

    Menu-menu di kafe ini juga cukup ramah kantong. Harga berkisar 30 ribuan untuk makanan dan 20 ribuan untuk minuman.

    Salah satu menu makanan yang menjadi favorit adalah Rice Bowl Sunyi Ayam Saus Wijen. Terdiri dari potongan ayam dengan saus wijen, dilengkapi dengan telur mata sapi setengah matang, yang akan meleleh ketika Anda akan memakannya. Menambah kenikmatan karena memiliki rasa sedikit manis asin.

    Nikmatnya Menyeruput Kopi dalam Kesunyian
    Menu andalan di Sunyi House of Coffee and Hope. (Foto: Khalisah/Medcom.id)

    Sedangkan untuk minuman, Kopi Susu Pandan dan Kopi Susu Sunyi juga merupakan menu-menu yang direkomendasikan. Kopi Susu Pandan misalnya. Menu ini cocok untuk Anda yang menyukai kopi dengan rasa manis.

    Terlebih, rasa manisnya berasal dari sirup pandan homemade langsung khas Sunyi. Sedangkan untuk Kopi Susu Sunyi dengan rasa creamy dan kopi yang menyatu, sangat cocok untuk Anda pencinta kopi susu kekinian.

    Nikmatnya Menyeruput Kopi dalam Kesunyian
    Tak usah khawatir, Anda akan dengan mudah memesan menu di kafe ini (Foto: Khalisah/Medcom.id)

    Sunyi House of Coffee and Hope ini sudah dibuka sekitar 6 bulan, dan memang Mario Gultom, founder dari kafe ini bercita-cita ingin mengajarkan kesetaraan bagi para difabel. Yaitu dengan mempekerjakan para difabel, sehingga bisa bekerja seperti yang lainnya.

    Kafe ini buka setiap Selasa hingga Minggu dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Kafe ini juga biasanya ramai oleh para pelanggan pada saat weekend dan jam puang kantor.

    Selain itu, jika Anda ingin mencoba untuk belajar bahasa isyarat, para barista bisa mengajarkan Anda. Dengan catatan, selama mereka sedang tidak sibuk atau ketika kafe sedang tidak terlalu ramai.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id