Ragam Tradisi Minum Teh dari Berbagai Negara di Dunia

    Raka Lestari - 12 Mei 2020 12:05 WIB
    Ragam Tradisi Minum Teh dari Berbagai Negara di Dunia
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di seluruh dunia. Sehingga banyak penyebutan dan penyajian yang beragam.

    Mulai dari penyajian yang unik hingga tradisi yang telah turun menurun. Ada juga yang menyajikannya dengan tambahan susu. Bahkan meminumnya dengan cara yang sah, yaitu ada upacara khusus.

    Berikut ini adalah beberapa cara penyajian teh dari berbagai belahan negara di dunia:

    Inggris

    Teh merupakan salah satu minuman yang paling tua di Inggris dan mulai populer pada abad ke-17. Untuk mempersiapkan teh, Anda perlu merebus air terlebih dahulu, kemudian tambahkan teh atau bisa juga dengan langsung menuangkan air panas ke dalam gelas berisi teh.

    Setelah itu diamkan selama 3 menit lalu bisa ditambahkan dengan gula dan susu dalam penyajiannya. Di Inggris, teh biasanya disajikan bersama kue kecil dan diminum pada sore hari.

    Maroko

    Di Maroko, hampir semua orang minum teh. Masyarakat Maroko masih membuat teh secara tradisional yang telah dilestarikan secara turun-temurun.

    Pertama-tama adalah dengan merebus air terlebih dahulu. Kemudian menambahkan daun teh, gula, dan air yang sudah direbus tadi ke dalam teko.

    Ragam Tradisi Minum Teh dari Berbagai Negara di Dunia
    Teko berisi teh tersebut kemudian dipanaskan menggunakan tungku arang dan ketika akan disajikan. Barulah teh dituangkan ke dalam gelas. Di Maroko, teh biasanya diminum bersama dengan kurma.

    Argentina

    Argentina menyebut teh dengan nama mate. Biasanya dalam minum mate, menggunakan bombilla atau sedotan yang terbuat dari logam.

    Untuk membuat mate, pertama-tama harus memanaskan air terlebih dulu. Panaskan sampai sekitar 80 derajat Celcius. Setelah itu, masukkan bubuk mate ke dalam wadah kemudian tutup dan kocok untuk menghilangkan kotoran di daun teh. Setelah kotoran hilang, tuang air lalu kemudian aduk menggunakan bombilla.

    Rusia

    Di Rusia, cara penyeduhan teh sedikit berbeda dari negara lainnya. Teh diseduh dalam teko kecil terlebih dahulu, lalu seduhan tersebut dimasukkan ke wadah yang lebih besar dan ditambahkan air. Masyarakat Rusia biasanya menyajikan teh dengan berbagai jenis makanan, mulai dari makanan asin atau manis.

    Jepang

    Jepang menyebut teh dengan sebutan matcha. Matcha merupakan salah satu tradisi asli Jepang yang cukup dibanggakan warga Jepang.

    Ragam Tradisi Minum Teh dari Berbagai Negara di Dunia

    Dalam upacara teh di Jepang, biasanya digunakan chashaku (sendok teh) untuk mengambil bubuk matcha dan menambahkan air. Suhu air harus tepat 80 derjata Celcius agar mendapatkan teh yang nikmat. Biasanya juga tidak ditambahkan gula dalam proses penyeduhan matcha khas Jepang.





    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id