Sanggupkah Pemula Mendaki Gunung Prau?

    Sunnaholomi Halakrispen - 10 Mei 2019 11:00 WIB
    Sanggupkah Pemula Mendaki Gunung Prau?
    Meskipun Anda belum pernah mendaki gunung manapun, Anda boleh mencoba mendaki Gunung Prau. Yang perlu diperhatikan, kala mendaki gunung yaitu persipakan diri Anda mulai dari persiapan fisik maupun mental. (Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
    Meskipun Anda belum pernah mendaki gunung manapun, Anda boleh mencoba mendaki Gunung Prau. Yang perlu diperhatikan, persipakan diri Anda mulai dari persiapan fisik maupun mental. Lakukan latihan fisik, sedikitnya dengan jogging setiap hari selama satu jam. Kemudian, tingkatkan performa stamina Anda dengan makanan sehat.


    Wonosobo: Gunung Prau merupakan tapal batas antara tiga kabupaten, yakni Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Keindahan pemandangan di atas puncaknya begitu menggoda para pecinta alam.
    Apalagi, bagi Anda yang menyukai view menarik untuk diunggah ke Instagram. Gunung yang berlokasi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, ini bisa menjadi pilihan Anda.

    Camping ground Gunung Prau berada di ketinggian 2565 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sebagian orang menganggap titik tersebut sebagai puncak.

    Tetapi, sebagian orang lainnya menganggap bahwa Anda harus naik sedikit lagi di ketinggian 2.590 mdpl untuk mencapai puncaknya. Meski ada dua pandangan berbeda, Anda tetap bisa menikmati pemandangan menakjubkan di kedua titik itu.

    Memandang dataran tinggi Dieng, Telaga Warna, dan perkebunan warga yang rapi. Kemudian, ada pemandangan puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Slamet, Merapi, dan Merbabu. Menjadikan puncak kelima gunung itu background foto, mempercantik koleksi foto Anda.

    Bahkan, Anda bisa menyaksikan golden sunrise dengan jelas di area puncak Gunung Prau. Sejumlah orang menilai pesona golden sunrise di gunung ini terbaik di Asia Tenggara.

    Sanggupkah Pemula Mendaki Gunung Prau?
    (Yang perlu diperhatikan, kala mendaki gunung yaitu persipakan diri Anda mulai dari persiapan fisik maupun mental. Lakukan latihan fisik, sedikitnya dengan jogging setiap hari selama satu jam. Foto: Pexels.com)

    Pendaki pemula

    Apakah Anda tertarik mendaki salah satu gunung favorit bagi para pendaki ini namun ragu karena masih pemula? Tenang saja. Pendaki pemula tidak dilarang menjajakan diri.

    Meskipun Anda belum pernah mendaki gunung manapun, Anda boleh mencoba mendaki Gunung Prau. Yang perlu diperhatikan, persipakan diri Anda mulai dari persiapan fisik maupun mental.

    Lakukan latihan fisik, sedikitnya dengan jogging setiap hari selama satu jam. Kemudian, tingkatkan performa stamina Anda dengan menghindari konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan minuman dingin. Lakukan ini sebelum Anda mendaki gunung.

    Ini untuk membantu Anda terhindar dari sakit flu dan batuk yang nantinya berisiko melemahkan daya tahan tubuh.

    Sebaliknya, konsumsilah makanan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh Anda. Sebab, Anda akan menghadapi kondisi yang berbeda dari kehidupan Anda biasanya. Anda perlu berjuang melewati jalur pendakian yang berkelok, penuh bebatuan dan tanah, serta terkadang terjal.

    Anda pun akan merasakan cuaca yang dingin pada pukul tujuh malam. Cuaca akan semakin dingin pada pukul dua pagi, bahkan mencapai dua derajat celsius meskipun tidak dalam musim hujan. Tak ada salahnya juga sebelum Anda mendaki gunung untuk melihat bagaimana cuaca di sana melalui internet.

    Selain itu, seperti layaknya tinggal di gunung, Anda tidur dalam tenda dan menyantap makanan berteman dengan angin juga kabut.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id