Fusion Food jadi Salah Satu Tren Kuliner

    Sunnaholomi Halakrispen - 22 November 2019 07:00 WIB
    Fusion Food jadi Salah Satu Tren Kuliner
    Acara Press Conference Kompetisi Ngulik Rasa. (Foto: Krispen/Medcom.id)
    Jakarta: Kian hari, kalangan milenial mudah tertarik dengan banyak hal baru, termasuk untuk urusan perut. Salah satunya, terpapar fusion food sebagai salah satu tren kuliner yang menggunakan konsep penggabungan bahan atau cara masak dengan lebih dari satu budaya.

    "Didorong dengan tren ini, para pebisnis kuliner dituntut untuk terus berinovasi membuat kreasi yang berbeda dan dapat memikat para milenial," ujar Joy Tarigan selaku Managing Director Unilever Food Solutions Indonesia dalam Press Conference Kompetisi Ngulik Rasa di Seia Restaurant, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis, 21 November 2019.

    Kreasi menciptakan fusion food seiring dengan fakta bahwa tidak dapat dipungkiri saat ini banyak bisnis kuliner yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumennya. Sebagian besar konsumen merupakan milenial.

    Tren kuliner ini penting diperhatikan, melihat data riset berdasarkan laporan Euromonitor. Sebanyak 52 persen milenial di Indonesia menikmati makan di luar rumah, setidaknya selama tiga kali dalam seminggu.

    Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor kuliner telah berkontribusi sebesar 41,69 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada 2016. Bekraf dalam survey-nya menunjukkan bahwa sektor kuliner memberikan kontribusi paling besar dibandingkan dengan sektor lainnya.

    Chef Yuda Bustara selaku Celebrity Chef menyatakan, kreasi dalam fusion food mampu memberikan sentuhan unik pada makanan bercita rasa khas Indonesia. Namun, tak menghilangkan cita rasa itu sendiri.

    Selain itu, kreasi ini juga memberikan warna baru pada masakan tersebut dengan gaya masing-masing. Hal itulah yang membedakan fusion food dengan jenis masakan lain.

    "Mengombinasikan satu jenis masakan khas Indonesia, dengan masakan lain baik dari Indonesia atau dari negara lain, dan menciptakan kreasi masakan baru yang belum pernah ada sebelumnya," papar Yuda.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id