Trik Memecahkan Telur dengan Tepat

    Sunnaholomi Halakrispen - 23 Mei 2020 15:08 WIB
    Trik Memecahkan Telur dengan Tepat
    Memecahkan telur bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa berada di dapur. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Memecahkan telur bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa berada di dapur. Namun, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari cara sederhana untuk pemula hingga cara yang terlihat lebih profesional.

    Dikutip dari Reader's Digest, untuk cara sederhana, pegang telur dengan cengkraman yang lembut, kemudian retakkan bagian tengahnya ke permukaan meja. Lakukan dengan tenang dan percaya diri.

    Hal yang perlu Anda ingat ialah lebih baik memberikannya satu ketukan tajam daripada dengan berkali-kali ketukan yang lembut. Sebab, jika melakukan beberapa pukulan/retakan, bisa berisiko menghancurkan cangkang telur menjadi banyak potongan kecil yang nantinya bisa jatuh menyatu dengan si kuning atau putih telur.

    Sedangkan, jika Anda menghancurkan telur dengan ketukan yang terlalu keras juga dapat menghancurkan cangkangnya, sehingga cangkang pun bisa masuk ke dalam telur Anda. Maka demikian, jangan berikan ketukan yang berlebihan.

    Setelah cangkang bagian tengah telur itu pecah dan terlihat bolongan kecil, selanjutnya Anda harus pembukaan telur menggunakan kedua ibu jari Anda. Tekan ke arah dalam, lalu tuangkan kuning dan putih dari cangkangnya ke dalam mangkuk.

    Cara lainnya, Anda bisa menggunakan tepi mangkuk untuk memecahkan telurnya. Tapi, metode ini meningkatkan risiko potongan kecil dari cangkang telur itu jatuh ke dalam mangkuk. Sebab, Anda memecahkannya tepat di atas mangkuk, sehingga jika telurnya pecah, di situlah bagian-bagian cangkangnya akan jatuh. 

    Metode ini juga bisa memecah kulit tipis tepat di bawah permukaan cangkang, yang berarti bahwa pecahan kecil tidak akan tetap menempel pada telur. Ketika Anda memecahkan telur di permukaan yang rata, seperti meja, membrannya tetap utuh.

    Cara selanjutnya, pecahkan telur satu per satu ke dalam mangkuk atau mangkuk kecil yang terpisah sebelum menambahkannya ke bahan-bahan lainnya. Cara ini menyelamatkan Anda dari risiko tercampurnya potongan cangkang ke adonan secara tidak sengaja. 

    Sementara untuk cara memecahkan telur pasa level menengah, Anda bisa mencoba meretakkan dua telur bersama-sama. Dalam metode ini, Anda akan memecahkan satu telur dengan membenturkannya ke telur lainnya. 

    Cara, peganglah telur di masing-masing tangan. Kemudian, ketuk telur bersama-sama dan satu telur akan pecah. Selanjutnya, gunakan jari-jari Anda untuk membelah kulit telur, lalu tuangkan kuning telur dan putih ke dalam mangkuk. Setelahnya, pecahkan telur satu lagi dengan membenturkannya di atas meja. 

    Jika ingin mencoba level yang lebih sulit, pecahkan telur dengan hanya satu tangan. Metode ini mungkin yang paling memuaskan, tetapi cara ini bukan yang paling rapi. Selain itu, cara ini juga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menjatuhkan cangkang ke mangkuk Anda, apabila Anda tidak bisa melakukannya dengan cermat.

    Namun, cara ini bisa berhasil Anda lakukan jika telah terbiasa. Maka, cobalah berulang kali hingga Anda mendapatkan irama yang tepat dalam memecahkan telur dengan satu tangan.

    Caranya, pegang telur dengan satu tangan. Posisikan jari-jari Anda sehingga ibu jari dan jari telunjuk Anda berada sejajar, sedangkan jari tengah serta jari manis Anda berada di sisi yang lain. Selanjutnya, Anda akan menarik tangan Anda secara terpisah untuk membuka telur. Maka, posisi awal saat memegang telur adalah hal yang paling penting.

    Langkah selanjutnya, segera cabut kulit telur menggunakan ibu jari dan jari tengah. Gunakan gerakan yang halus dan pasti, telur akan keluar dari kulitnya dengan cekatan. Jika Anda telah terbiasa dengan cara ini, Anda akan lebih cepat memecahkan telur dibandingkan dengan cara lainnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id