Cerita Mama Bertato di Larantuka

    Sri Yanti Nainggolan - 16 September 2019 08:00 WIB
    Cerita Mama Bertato di Larantuka
    Dua ibu menunjukkan tato khas Larantuka, Flores Timur. Foto: Medcom.id/Sri Yanti
    Flores Timur: Tato jadi satu simbol budaya di beberapa daerah di Indonesia. Sayangnya, di Larantuka, Flores Timur, tenun tato sudah tidak dilakukan.

    Mama (sebutan untuk ibu) Emahuri (83) menunjukkan tato bintang melingkar di punggungnya saat Festival Lamaholot 2019 di Desa Bantala, Kamis, 12 September 2019. Bintang tersebut melambangkan waktu dalam kepercayaan Flores Timur yang berfokus pada langit dan bumi.

    "Ama ratu tuara rawulan ina nini. Artinya Tuhan dalam wujud bapak, yaitu matahari dan bulan, ibu adalah bumi, tanah," jelas kurator Festival Lamaholot 2019 Silvester Petara Hurit kepada Medcom.id, Kamis, 12 September 2019.

    Lebih lanjut, Sil menjelaskan bahwa tenun tato dilakukan masyarakat untuk mendekatkan diri pada Dewi Padi atau Tonu Wujo.

    Menurut cerita rakyat, Dewi Padi datang ke Desa Larantuka dengan penampilan badan bertato, rambut sanggul ke atas, kulit bercahaya seperti bulan. Dewi Padi datang dengan mengenakan sarung dengan motif khas Larantuka.

    Selain mencitrakan Dewi Padi, tato juga digambarkan sebagai materai. Warga Larantuka percaya mereka yang bertato akan masuk ke dalam kumpulan orang-orang yang bermaterai ketika meninggal.

    Umumnya, seseorang ditato ketika sudah memasuki usia dewasa. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukan tugas sebagai penato. Bagian tubuh yang biasa ditinta adalah wajah, dada, punggung, betis, dan tangan.

    "Tato terbuat dari gula tuak dan arang, dicampur pakai duri kayu hutan," tambah dia.

    Tak hanya perempuan, para lelaki di Larantuka juga ditato. Kebanyakan kaum pria ditato pada wajah seperti kening dan dagu.

    Sayangnya, tradisi tersebut dihentikan sejak tahun 1970an seiring dengan adanya stigma negatif pasca-PKI di tahun 1965. Generasi Mama Emahuri adalah generasi terakhir yang melakukan budaya tersebut.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id