Kenapa Sumpit Korea Berbahan Dasar logam?

    Medcom - 16 Oktober 2019 11:11 WIB
    Kenapa Sumpit Korea Berbahan Dasar logam?
    Sepasang sumpit dan sendok besar yang terbuat dari logam adalah salah satu yang khas dalam kuliner Korea. (Foto: Angela Bailey/Unsplash.com)
    Jakarta: Ketika mendengar kata 'sumpit', mungkin ada beberapa negara yang terlintas dipikiran Anda. Seperti China, Korea, atau Jepang. Ya, sumpit memang berasal dari Asia timur.

    Tetapi setiap negara memiliki jenis sumpit masing-masing, salah satunya Korea. Korea merupakan satu-satunya negara di dunia yang menggunakan sumpit berbahan logam. 

    Sementara negara Asia lainnya termasuk China, Jepang, Thailand dan Indonesia menggunakan sumpit yang terbuat dari kayu atau bambu.

    Tak hanya berbeda dari bahan dasarnya, sumpit Korea juga lebih pipih, berbentuk seperti bujur sangkar dan lebih sedikit panjang dari sumpit jepang.

    Dalam bahasa Korea, sumpit disebut juga 'cheot-garak'. 'cheo' yang berarti 'sumpit' dan 'garak' yang berati 'tongkat'. Makanan khas korea dimakan dengan sepasang sumpit dan sendok besar yang terbuat dari logam.

    Anda mungkin juga menemukan banyak restoran keluarga yang dengan sengaja menggores ujung paling tajam sumpit supaya lebih kasar. Hal itu agar membuat makanan lebih mudah diambil.

    Pada zaman dahulu di Korea, sumpit terbuat dari emas, perak atau kuningan. Sumpit ini juga digunakan pada acara-acara khusus. Tetapi saat ini, sumpit logam biasanya terbuat dari baja. 

    Jika Anda pernah diberi sepasang sumpit yang terbuat dari logam mulia saat makan di salah satu rumah di Korea, ketahuilah bahwa Anda dipandang sebagai tamu yang sangat istimewa.

    Kenapa sumpit logam?

    Mengutip dari laman perjalanan gastronomi Korea, ada beberapa teori yang mengembangkan tradisi menggunakan sumpit logam di Korea.

    Satu teori utama mengatakan, sumpit logam berawal dari masa pemerintahan Baekje pada 18-660 sebelum masehi. Sumpit perak mulai digunakan sebagai perlindungan keluarga kerajaan dari segala plot pembunuhan musuh melalui racun.

    Mengapa demikian? karena perak akan berubah warna ketika bersentuhan dengan bahan kimia beracun. Setelah itu, orang-orang biasa mulai meniru cara raja dan menggunakan sumpit baja sendiri.

    Teori lain menyatakan bahwa, orang Korea menggunakan sumpit besi untuk menghindari lengket saat makan nasi. Secara umum, orang Korea juga meyakini bahwa sumpit logam lebih higienis daripada sumpit kayu.

    Dilansir dari parentherald, ada pula tata aturan dalam meletakkan alat makan tersebut. Sendok logam besar ditempatkan di sisi kiri untuk menyendok nasi, sementara sepasang sumpit logam diletakkan di sisi kanan, untuk mengambil sayuran kukus, telur goreng, kimchi dan bulgogi sapi.

    Sumpit logam juga dihiasi dengan desain Korea yang rumit dan mencerminkan keindahan budaya kuno Korea, salah satunya bangau.


    Sandra Odilifia



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id