Mau Makan di Luar? Pertimbangkan 5 Pertanyaan Ini ke Diri Anda

    Kumara Anggita - 25 Juni 2020 18:05 WIB
    Mau Makan di Luar? Pertimbangkan 5 Pertanyaan Ini ke Diri Anda
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Pada masa transisi ini, beberapa tempat makan sudah mulai buka. Hal ini mendorong orang-orang untuk mengubah kebiasaan dari makan di rumah dengan makan di luar.

    Apakah hal ini aman? Dilansir dari WebMD, Food and Drug Administration (FDA) virus korona tampaknya tidak menyebar melalui makanan, seperti beberapa virus dan bakteri. Virus ini menyebar melalui tetesan pernapasan, yang berarti Anda bisa sakit jika orang yang terinfeksi batuk atau bersin di dekat Anda.

    Jadi untuk melihat seberapa aman atau tidak, yaitu dengan melihat seberapa banyak Anda berinteraksi dengan orang lain.

    "Perhitngan kami adalah semakin sering dan semakin dekat Anda berinteraksi dengan orang lain, dan jumlah orang yang berinteraksi dengan Anda, meningkatkan risiko Anda," kata Grant Baldwin, PhD, wakil pemimpin Intervensi Komunitas CDC dan Satuan Tugas yang Berisiko, Respon Covid-19.

    Bila Anda masih galau dengan keputusan pergi ke tempat makan di luar, coba hadirkan beberapa pertanyaan yang bisa Anda tanyakan ke diri sendiri terlebih dahulu. Berikut list pertanyaannya:

    1. Apakah Anda atau siapa pun yang hidup dengan Anda ada yang berusia di atas 65 tahun atau berisiko sakit parah? Risiko terkena infeksi serius dari Covid-19 meningkat seiring usia dan kondisi medis tertentu.

    2. Apakah Anda dan orang-orang yang akan berinteraksi dengan Anda mengikuti langkah-langkah yang sama untuk mencegah infeksi, seperti memakai masker dan mencuci tangan?

    3. Bisakah Anda menjaga jarak sosial sejauh dengan cara yang masuk akal?

    4. Seberapa sering Anda perlu berbagi barang dengan orang lain? Berbagi bukanlah hal baik selama pandemi. Sebagai aturan, jangan bagikan barang Anda ke orang lain.

    Akan tetapi, jika Anda tetap harus melakukannya apakah Anda (atau restoran) membersihkan dan mendisinfeksinya dengan benar setiap kali barang digunakan?

    5. Apa level Covid-19 saat ini yang menyebar di komunitas Anda?

    "Semakin rendah tingkat penularan komunitas, semakin aman bagi Anda untuk keluar," kata Baldwin.

    Itulah lima pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri, sebelum memutuskan untuk makan di luar atau tidak. Lakukanlah hal yang tepat menurut Anda.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id