Bahan-bahan Inti dalam Masakan Khas Asia

    Raka Lestari - 08 Januari 2020 15:11 WIB
    Bahan-bahan Inti dalam Masakan Khas Asia
    Kecap atau soy sauce mungkin adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan jika Anda ingin membuat masakan Asia.(Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Jika Anda ingin mencoba untuk membuat masakan-masakan khas Asia, mungkin Anda sedikit kebingungan dengan banyaknya bumbu-bumbu yang harus digunakan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membuat masakan khas Asia sendiri di rumah. Ada beberapa bahan utama yang Anda perlukan dalam membuat masakan khas Asia.

    Dan berikut ini adalah beberapa bahan inti yang diperlukan dalam membuat berbagai jenis masakan khas Asia, seperti dilansir nbcnews:

    Kecap

    Kecap atau soy sauce mungkin adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan jika Anda ingin membuat masakan Asia. Dengan warna saus yang gelap dengan rasa asin, kecap terbuat dari kacang kedelai dan gandum yang bisa memperkaya rasa masakan Anda. Kecap juga memiliki beberapa jenis, yaitu kecap asin dan kecap manis yang dapat digunakan untuk mencelupkan, merendam, dan memasak semua jenis masakan Asia.

    Minyak wijen

    Minyak wijen atau sesame oil terbuat dari i biji wijen panggang, dengan rasa yang berbeda, seperti rasa kacang dengan aroma yang cukup kuat. Minyak wijen sering digunakan sebagai bumbu dan biasanya ditambahkan pada akhir sesi memasak untuk mempertahankan rasa yang lezat. Dengan rasa yang cukup kuat, gunakan minyak ini dalam jumlah sedikit saja.

    Pasta cabai

    Pasta cabai juga merupakan salah satu bahan serbaguna yang sering digunakan dalam berbagai masakan Asia. Dengan rasa yang pedas dan tambahan bawang putih di dalamnya, pasta cabai cukup sering digunakan untuk mencelupkan, memasak, mengasinkan atau menggoreng berbagai bahan utama seperti daging atau sayur-sayuran.

    Saus tiram

    Terbuat dari ekstrak tiram, saus dengan rasa gurih, kental, asin, berwarna cokelat tua ini dianggap sebagai makanan pokok dalam berbagai jenis masakan Asia. Saus tiram biasanya digunakan untuk membumbui daging dan sayuran, dan terkadang dicampurkan di dalam hidangan sebagai saus.

    Saus hoisin

    Hoisin adalah saus kental, dengan aroma yang agak kuat yang terbuat dari kacang kedelai dan sejenis tepung, dibumbui dengan cabai merah dan bawang putih. Kata hoisin berasal dari kata Cina untuk makanan laut, tetapi sausnya tidak mengandung bahan makanan laut. Saus ini sering digunakan dalam masakan Cina dan Vietnam.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id