Menelusuri Sejarah Rasa Umami

    Raka Lestari - 04 Oktober 2019 08:55 WIB
    Menelusuri Sejarah Rasa Umami
    Ajinomoto Visitor Center merupakan fasilitas tur yang dipersembahkan kepada masyarakat umum untuk mengungkap rahasia dapur Ajinomoto. (Foto: Raka/Medcom.id)
    Jakarta: Tahukah Anda jika ada rasa lain selain manis, pahit, asam, dan asin? Ya, benar ada rasa yang disebut Umami. Umami adalah satu dari lima rasa utama, yang biasanya kalau dibubuhi ke makanan bisa terasa gurih.

    Rasa umami terbentuk karena kandungan asam amino L-glutamat. Asam amino L-glutamat ini banyak terdapat pada protein yang berasal dari tumbuhan dan tanaman.

    Umami ini ditemukan oleh Prof Dr Kikunae Ikeda, seorang ilmuwan asal Jepang pada 2018. Namun untuk mengetahui lebih banyak mengenai sejarah umami ini, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang. Cukup berkunjung ke Ajinomoto Visitor Center.

    “Ajinomoto Visitor Center merupakan fasilitas tur yang dipersembahkan kepada masyarakat umum untuk mengungkap rahasia dapur Ajinomoto bertajuk; Recipe of Deliciousness, yang menjadi salah satu cara Ajinomoto untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat Indonesia," ungkap Bapak Samsul Bakhri selaku Direktur Ajinomoto Indonesia, saat membuka acara kunjungan media di Karawang Factory Ajinomoto Indonesia, Karawang, Kamis, 3 Oktober 2019.

    Di Ajinomoto Visitor Center, Anda bisa menemukan fasilitas edukatif yang tersedia. Dimulai dari teater "Eat Well Live Well" yang dilengkapi layar berukuran 200 inch.

    "Di zona ini, terdapat tampilan audio visual mengenai penjelasan cikal bakal Dr. Kikunae Ikeda menemukan Umami di Jepang pada 1908 bersama Saburosuke Suzuki dan menjual produk MSG AJI-NO-MOTO untuk pertama kalinya di dunia sejak 1909," ungkap Samsul.

    Puas mengetahui sejarah Umami dan produk-produk Ajinomoto di seluruh dunia, Anda bisa mengunjungi fasilitas zona kedua Ajinomoto Visitor Center.

    "Di zona kedua, pengunjung dapat melihat bagaimana produk MSG AJI-NO-MOTO dibuat, dan variasi ukuran produk. Di zona ini terdapat fasilitas 3D Projection Mapping yang sangat unik, untuk menjelaskan proses produksi MSG AJI-NO-MOTO yang memiliki standar kualitas Jepang," ungkap Samsul.

    "Kemudian di zona ketiga, kami memberikan informasi kontribusi Ajinomoto melalui Nutrition Policy dan berbagai program gizi. Selain itu Ajinomoto melalui Dapur Umami memberikan inspirasi 100 resep masakan lezat dan bergizi yang bisa diakses melalui QR Barcode scan. Di zona ini juga terdapat games interaktif tentang gizi seimbang. Kami di sini juga memiliki Activity Area, di mana para pengunjung akan disuguhkan pengalaman yang menarik berkaitan dengan produk-produk Ajinomoto," lanjut Samsul.

    Dengan beragam fasilitas berteknologi terbaru ini, Ajinomoto menyambut masyarakat umum untuk mengunjungi Ajinomoto Visitor Center dan mengetahui lebih dalam tentang produk Ajinomoto di Pabrik Karawang. Tempat ini cocok sekali untuk dikunjungi oleh komunitas ibu-ibu, institusi pendidikan, dan akademisi sebagai sarana edukasi yang seru dan menyenangkan.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id