Melindungi Tradisi Berharga 'Kota Emas' Jepang

    Timi Trieska Dara - 05 Juli 2020 16:00 WIB
    Melindungi Tradisi Berharga 'Kota Emas' Jepang
    Keahlian menyepuh foil emas menjadi Kinpaku sudah ada di Kanazawa, Jepang sejak 400 tahun lalu. (Foto: Dok. YouTube Prime Minister's Office of Japan)
    Jakarta: Di Kanazawa, Jepang, semuanya berkilau emas. Kota ini bertanggung jawab untuk memproduksi 99 persen dari semua daun emas (gold leaf) di negara ini. Foil emas, yang dikenal sebagai Kinpaku, ditumbuk hingga menjadi setipis 0,0001 milimeter dan dijual kepada pengrajin lokal untuk digunakan pada mangkuk, sumpit, patung dan bahkan makanan. 

    Bagi para pengrajin yang bertanggung jawab untuk menciptakan Kinpaku, mempertahankan tradisi yang berharga tetap hidup adalah hadiah bagi diri sendiri. Hampir semua produk di Kanazawa berkilau. Kilau emas itu karena mereka dilapisi kertas tipis emas.

    Kenichi Matsumura, perajin foil emas atau Kinpaku. Foil emas dibuat dengan cara meratakan (memukul) emas dan sedikit perak menjadi lembaran tipis.

    "Kami menghaluskan Kinpaku menjadi setipis 0,0001 milimeter. Sangat tipis, Anda dapat melihat sisi lainnya melalui ini," kata Kenichi Matsumura.

    Keahlian menyepuh foil emas menjadi Kinpaku ini sudah ada di Kanazawa sejak 400 tahun lalu. Semua dikerjakan dengan tangan dan hampir tidak pernah berubah.

    Secara keseluruhan, ada 40 pengrajin Kinpaku di Kanazawa. Hampir semua produk dilapisi Kinpaku di antaranya mangkuk, sumpit, patung burung hantu, kucing keberuntungan. Selain kerajinan tangan, Kinpaku juga digunakan pada kosmetik dan makanan.

    Kenichi mengaku bangga dapat melestarikan keahlian membuat Kinpaku. Hal itu juga menjadi identitas orang Jepang. "Semacam kebanggaan Jepang dan keterikatan yang dalam menjadi dasar dari produk Jepang," kata dia.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id