Mengenal Festival Musim Gugur dengan Mencicipi Kue Bulan

    Sunnaholomi Halakrispen - 19 Juli 2019 11:40 WIB
    Mengenal Festival Musim Gugur dengan Mencicipi Kue Bulan
    Kue bulan terbuat dari terigu, soda kue, minyak kacang, dan sirup mooncake. (Foto: Krispen/Medcom.id)
    Di Indonesia, Festival Musim Gugur memang tak ada. Meski begitu, bagi mayoritas warga Tionghoa di sini, mereka tetap merayakan festival yang biasanya jatuh pada tanggal 15 bulan kedelapan pada kalender. Salah satunya dengan mencicipi Kue Bulan.

    Jakarta: Kue Bulan atau mooncake merupakan salah satu sajian menu wajib masyarakat Tionghoa dalam perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur. Salah satu festival besar ini diadakan setiap tanggal 15 bulan kedelapan pada kalender Tionghoa.

    Perayaan ini biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan ada tradisi memberikan kue bulan untuk menjalin tali silahturahmi kepada keluarga, teman, maupun rekan bisnis. Pemberian tersebut sebagai simbol doa dan harapan baik akan kemakmuran dan harmoni kepada orang yang menerima.

    Pada 2019, kue legendaris ini pun masih tenar di Indonesia. Anda bisa menikmatinya di restoran yang menyediakan makanan khas Tionghoa.

    Salah satunya, di Pearl Chinese Restaurant JW Marriott Hotel Jakarta yang menyajikannya mulai 13 Agustus hingga 20 September 2019. Disediakan kue bulan tradisional dalam rangka merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur.

    "Kue bulan ini dibuat tanpa bahan pengawet, pewarna buatan, dan pemanis buatan," ujar Chef Junaedi di Pearl Chinese Restaurant JW Marriott Hotel Jakarta.

    Mengenal Festival Musim Gugur dengan Mencicipi Kue Bulan

    Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Kue Bulan adalah terigu, soda kue, minyak kacang, dan sirup mooncake. Tak lupa ditambah isian mooncake yang beragam untuk menjadikannya sempurna.

    Pada tahun ini, Peral Chinese Restaurant bakal menyediakan enam rasa. Di antaranya, White Lotus with Double Egg Yolk, White Lotus with Single Egg Yolk, Pure White Lotus. Kemudian, ada juga Pandan with Single Egg Yolk, Bamboo Charcoal with Pandan and Coconut, serta Red Beans. Semua varian kue bulan tersebut merupakan kreasi Executive Chinese Chef, Ken Choy.

    Untuk mendapatkannya, tersedia dalam dua pilihan paket. Yakni Ruby dan Jade. Paket Ruby berisi empat kue bulan besar seharga sekitar Rp498 ribu. Sedangkan paket Jade berisi enam kue bulan kecil dengan harga sekitar Rp478 ribu.

    Menjaga Kebinekaan di Kota Hujan




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id