Ini Perbedaan Hotel, Motel Sampai Resor dan Losmen

    Yatin Suleha, Raka Lestari - 11 Juni 2019 17:56 WIB
    Ini Perbedaan Hotel, Motel Sampai Resor dan Losmen
    Berikut ini adalah perbedaan hotel, motel, losmen, hotel melati sampai resor. (Foto: Pexels.com)
    Membedakan mana hotel, motel, losmen, atau hotel melati memang sedikit tricky. Seperti misalnya Hotel Melati yang banyak diketahui namanya. Sebenarnya hotel melati juga merupakan Losmen (dari bahasa Prancis "logement", "penghunian") yang sama menawarkan tarif yang lebih murah daripada hotel. Bedakan juga mana hotel, hostel, villa, dan resor.


    Jakarta: Banyak orang yang belum mengetahui perbedaan antara hotel, motel, dan hostel. Pada umumnya, perbedaan diantara ketiganya memang tidak terlalu signifikan.  

    Secara ringkas, motel dan hostel adalah subkategori hotel. Hotel dapat dikategorikan dalam banyak cara, tidak hanya berdasarkan bintang tetapi juga jenisnya. Misalnya saja, Anda bisa menemukan conference hotels, boutique hotels, budget hotels, dan inn.

    Kepanjangan motel

    Motel adalah kombinasi dari kata "motor" dan "hotel". Istilah ini berasal dari penempatan motel yang biasanya berada di dekat jalan raya, yang sangat menguntungkan bagi para pengendara yang sedang melakukan perjalanan jauh.

    Biasanya motel memberikan penawaran yang berbeda dari hotel, yaitu lebih sedikit fasilitas dengan tarif yang lebih rendah.

    Karena motel adalah subkategori hotel, perbedaan antara keduanya tidak terlalu signifikan. Namun berikut ini adalah perbedaan keduanya:

    Ukuran: Motel lebih kecil dari hotel.

    Layanan: Motel menawarkan layanan lebih sedikit daripada hotel.

    Fasilitas: Motel memiliki fasilitas lebih sedikit daripada hotel.

    Lokasi: Motel terletak di dekat jalan raya sementara hotel memiliki lokasi sentral di kota.

    Kualitas: Motel menggunakan produk dengan kualitas lebih rendah untuk membangun dan merancang serta mempertahankan harga rendah.

    Harga: Motel lebih murah daripada hotel.

    Ini Perbedaan Hotel, Motel Sampai Resor dan Losmen
    (Hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan. Hotel punya beberapa kelas yang bisa Anda ketahui dan jenis kamar yang berbeda-beda. Foto: Pexels.com)

    Sedangkan hostel adalah pilihan menginap yang cukup murah dan biasanya dijadikan sebagai tempat singgah. Para tamu tidak memesan kamar di hostel tetapi menyewa tempat tidur, biasanya tempat tidur susun seperti yang ada di asrama dengan tamu-tamu lainnya.

    Hostel kebanyakan digunakan oleh kaum muda dengan anggaran terbatas yang tidak terlalu memikirkan privasi mereka.

    Banyaknya anak muda yang memiliki keinginan untuk bepergian dan memiliki pemikiran yang lebih terbuka menjadikan hostel sebagai salah satu pilihan yang paling tepat. Hostel masih merupakan subkategori dari hotel.

    Berikut adalah yang biasanya ada di hostel:

    Ukuran: Hostel menghitung ukurannya berdasarkan jumlah tempat tidur dan bukan kamar.

    Layanan: Hostel seringkali memiliki lebih banyak pilihan layanan mandiri daripada hotel.

    Fasilitas: Hostel sering memiliki lebih sedikit tetapi lebih banyak fasilitas sosial daripada hotel.

    Lokasi: Hostel biasanya ditemukan di kota dan dekat alam.

    Suasana: Suasana kekeluargaan yang ada di hostel membuatnya lebih informal daripada hotel.

    Kualitas: Hostel seringkali berkualitas rendah, tetapi hostel modern memiliki kualitas yang lebih tinggi di ruang komunal.

    Harga: Hostel lebih murah daripada hotel.

    Ini Perbedaan Hotel, Motel Sampai Resor dan Losmen
    (Salah satu fasilitas hotel bintang tujuh, merupakan satu-satunya hotel termahal di dunia. Burj Al Arab Jumeirah yang berlokasi di pulau pribadi ini menawarkan suite-suite yang bisa memanjakan Anda. Foto: Dok. Instagram Burj Al Arab/@burjalarab)

    Beberapa tempat menginap lainnya yang bisa Anda ketahui:

    Villa

    Villa merupakan tempat tinggal sementara sekaligus tempat untuk liburan. Menginap di villa berarti menyewa keseluruhan bangunan. Biasanya terletak di luar daerah yang berhawa sejuk seperti di pinggiran kota, pegunungan, pantai, dan sebagainya.

    Resor

    Resor/resort dalam bahasa Inggris adalah tempat untuk relaksasi atau rekreasi, menarik pengunjung untuk berlibur. Resor adalah penginapan yang yang dibangun pada tempat dengan pemandangan alam yang indah. Resor dalam Wikipedia disebut dengan Sanggraloka.

    Resor juga tempat, kota atau kadang-kadang bangunan komersial yang dioperasikan oleh suatu perusahaan. Resor sendiri menyediakan banyak keinginan pengunjung seperti makanan, minuman, penginapan, olahraga, hiburan, dan perbelanjaan.

    Guest House

    Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Rumah tamu adalah semacam penginapan. Di beberapa bagian dunia, wisma adalah jenis penginapan seperti hotel yang murah.

    Yang lain lagi, itu adalah rumah pribadi yang telah dikonversi untuk penggunaan eksklusif akomodasi tamu. Bisa dibilang guest house adalah versi mininya dari hotel. Beberapa bahkan ada yang menyediakan sarapan dan fasilitas lain mirip seperti hotel.

    Hotel Melati

    Hotel jenis ini bukan berarti banyak bunga melatinya. Tempat menginap yang satu ini mirip hotel, terdapat tempat tidur, kamar mandi, bahkan tv. Penginapan ini tidak termasuk dalam klasifikasi hotel berbintang, namun cukup membuat kantong nyaman jika bujet Anda sesuai dengan tempat ini.

    Sebenarnya Hotel Melati juga merupakan Losmen (dari bahasa Prancis "logement", "penghunian") yang sama menawarkan tarif yang lebih murah daripada hotel.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id