Pariwisata jadi Sektor Pertama yang Paling Terdampak Covid-19

    Kumara Anggita - 23 Maret 2020 16:55 WIB
    Pariwisata jadi Sektor Pertama yang Paling Terdampak Covid-19
    Penyebaran virus corona yang mulai masuk di Indonesia berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan mancanegara serta pembatalan sejumlah agenda pariwisata internasional di Yogyakarta. (Foto:ANTARA/Hendra Nurdiyansyah)
    Jakarta: Virus korona atau covid-19 berdampak besar bagi berbagai sektor. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Wishnutama Kusubandio, sektor pariwisata-lah yang paling terdampak.

    “Bila kita bicara sektor kami harus katakan pariwisata adalah sektor pertama yang paling terdampak dan mempunyai tantangan sangat besar dalam menghadapi wabah covid-19 ini,”  ujar Wishnutama dalam Virtual Press Statement Menparekraf 'Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Tengah Wabah COVID-19'.

    “Dan ketika kita bicara tentang sektor pariwisata. Saya tidak hanya bicara mengenai hotel, restoran, Event Organizer, travel agent, dan lain-lain. Juga ada jutaan pekerjaan di dalamnya. Ada usaha kecil menengah di sana. Ada penduduk daerah tertentu yang mengandalkan pariwisata sebagai mata pencaharian utamanya di sana, pekerja usaha yang menjadi supplier hotel dan restoran dan berbagai usaha pariwisata yang jumlahnya besar,” lanjutnya.

    Dalam menghadapi permasalahan ini, pemerintah takkan tinggal diam. Saat ini pemerintah dalam proses menyiapkan kebijakan untuk menanggulangi masalah yang ditimbulkan covid-19  di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

    “Oleh sebab itu, pemerintah saat ini bukan hanya berupaya mengatasi wabah covid-19 dari sisi kesehtannya saja. Pemerintah sedang mempersiapkan berbagai kebijakannya  dan langkah untuk mengurangi dampak wabah ini terhadap berbagai usaha tentunya termasuk sektor pariwisata dan badan ekonomi kreatif dan para pekerjanya,” tambah Wishnutama.

    “Dalam waktu ini, pemerintah akan segera mengumumkan langkah-langkah konkret terkait hal di atas,” lanjutnya.

    Tak lupa pula Wishnutama untuk mengajak masyarakat untuk tetap beraktivitas di rumah. Kalau pun harus keluar, lakukan prosedur yang sudah diarahkan oleh pemerintah seperti menjaga jarak satu meter, hindari titik keramaian, dan cuci tangan setidaknya 20 detik demi menjaga imun tubuh.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id