Memperkenalkan Potensi Pariwisata Danau Toba lewat Ekspedisi Kayak

    A. Firdaus - 16 Juli 2019 21:04 WIB
    Memperkenalkan Potensi Pariwisata Danau Toba lewat Ekspedisi Kayak
    Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia mendapatkan penghargaan Rekor MURI usai menjelajahi sekaligus mengekspedisi lingkar dalam Danau Toba
    Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia mencatat rekor MURI usai melakukan ekspedisi penjelajahan bertajuk 'Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2'.  Mereka mengelilingi lingkar dalam Danau Toba sepanjang kurang lebih 135 km dengan menggunakan kayak.


    Samosir: Organisasi pencinta alam URaL 28 sukses memecahkan rekor MURI. Mereka dianggap sebagai sekumpulan pelajar pertama yang mengelilingi lingkar dalam Danau Toba sepanjang kurang lebih 135 km dengan menggunakan kayak.

    Kegiatan ekspedisi penjelajahan kayak ini bertajuk “Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2”. Mengikuti kesuksesan yang dilakukan EKPI pada ekspedisi tanggal 9-11 Juli 2018 di Waduk Jatiluhur (danau buatan terbesar di Indonesia), Jawa Barat.

    Ekspedisi kedua ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2019 – 13 Juli 2019 telah dipersiapkan dalam kurun waktu kurang lebih 6 bulan oleh pelajar SMAN 28 Jakarta, yang tergabung dalam organisasi pencinta alam URaL 28. 

    Peserta ekspedisi ini terdiri dari 6 orang pendayung, 3 orang tim sosiologi pedesaan dan 4 orang team support. Enam pelajar yang menjadi atlit, terdiri dari Rafif Ibrahim, Landung Yudanto, Argi Nurfajri, Fahmi Muhammad Gibran, Aryadieni Farah Ayu Susanto dan Nur Aliya Sabira akan menggunakan empat buah kayak.

    Selama di Sumatera Utara, persiapan yang telah dilakukan oleh Tim EKPI 2 adalah test track oleh atlet kayak selama 29 Juni – 30 Juni 2019. Kemudian, pada 2 Juni 2019, EKPI 2 resmi dimulai dengan dilakukannya pelepasan para atlet kayak dalam upacara pembukaan. Para atlet kayak dilepas langsung oleh Bupati Samosir, bapak Drs. Rapidin Simbolon, M.M.

    Dermaga Pelabuhan Ferry Tomok menjadi titik start. Para atlet akan menuju camp 1 yang berada di Kawasan HKBP Sitamiang Onan Rangu.

    Adapun jarak tempuh etape 1 kurang lebih 24 Km. Berikutnya, etape ke-2 sepanjang kurang lebih 28,5 Km akan berakhir di Kawasan HKBP Sinaga Uruk, etape ke-3 sepanjang kurang lebih 26,5 Km dan para atlet akan beristirahat di camp yang berada di Kawasan Polres Samosir.

    Camp ke 4 yang berada di Kawasan HKBP Malau Simarmata ditempuh dengan jarak kurang lebih 20 Km. Selanjutnya etape ke 5 berjarak kurang lebih 24,6 Km akan berakhir di camp Kawasan GKPS Tuktuk.

    Memperkenalkan Potensi Pariwisata Danau Toba lewat Ekspedisi Kayak
    Para atlet mencapai garis finis di camp yang berada di Kawasan Pelabuhan KMP Ferry Tomok menuju Hotel Toba International Cottage di Parapat dengan sebelumnya menempuh jarak kurang lebih 12 Km.

    Dipilihnya kayak dalam ekspedisi ini karena kayak fleksibel untuk digunakan di berbagai medan air di Indonesia. Baik sungai, danau ataupun lautan, maupun di wilayah yang tidak memungkinkan untuk dilalui oleh kapal.

    Selain itu ekspedisi menggunakan kayak ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan sosiologi pedesaan. Kegiatan yang juga mengeksplorasi kebudayaan dan kearifan lokal di sekitar lokasi ekspedisi.

    "Sebagai bagian dari pencinta alam kami melakukan ekspedisi ini dengan tujuan memperkenalkan potensi pariwisata di Indonesia pada umumnya dan Danau Toba pada khususnya," tutur Argi Nurfajri, selaku ketua Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2 – URaL SMAN 28 Jakarta.

    "Sebagai pelajar kami juga ingin mempersembahkan prestasi yang terbaik untuk sekolah dan bangsa. Kami berharap dengan adanya ekspedisi ini dapat menumbuhkan minat para pelajar terutama anggota pencinta alam akan olahraga air dan kecintaan terhadap Indonesia sebagai negara maritim dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia,” tutupnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id