Jangan Pernah Lakukan Hal-hal Ini saat Menginap di Hotel

    Anda Nurlaila - 19 Juli 2019 16:54 WIB
    Jangan Pernah Lakukan Hal-hal Ini saat Menginap di Hotel
    Pastikan juga jangan sampai meninggalkan barang Anda di hotel (Foto: Pixabay)
    Jika Anda menginap di hotel, pastikan untuk tidak melakukan hal-hal aneh. Seperti mengambil handuk atau memecahkan sesuatu tanpa sepengatuhan pihak hotel.

    Jakarta: Jasa penginapan dan hotel meningkat seiring dengan pertumbuhan perjalanan, baik untuk urusan bisnis atau liburan. Jenis layanannya pun beragam, dari hotel low budget hingga yang premium.

    Hotel menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan selama menginap. Namun, saat berada di hotel, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, seperti dikutip dari Reader Digest:

    1. Mengambil jubah mandi dan handuk

    Para tamu terkadang membawa pulang fasilitas kosmetik yang disediakan seperti sampo, lotion, dan produk rias lainnya. Namun, membawa pulang handuk atau jubah mandi tidak diperbolehkan sama sekali. Pengunjung yang membawa pulang benda-benda berharga termasuk sprei linen, karya seni, dan barang elektronik dapat dikenakan biaya tambahan atau didenda.

    Jangan Pernah Lakukan Hal-hal Ini saat Menginap di Hotel

    2. Memecahkan sesuatu dan berbohong

    Kecelakaan dapat terjadi kapan saja, tapi merusak sesuatu di kamar dan tidak memberitahukannya dapat membahayakan staf hotel dan calon penghuni kamar yang lain. Pendiri thetravelblogs.com, Matthew mengatakan pecahan kaca sulit dikenali dan bisa terkena tamu walaupun sudah dibersihkan.

    3. Masak bukan di area dapur

    Semua orang ingin berhemat selama bepergian. Namun membawa peralatan masak portabel selama menginap dapat menyebabkan masalah. Terutama jika kamar hotel tidak memiliki area dapur kecil.

    Peralatan memasak ini dapat memicu sistem alarm kebakaran hotel atau menyebabkan kebakaran. Jadi jika tetap ingin menghemat, bawa makanan yang tidak perlu dimasak.

    4. Meninggalkan perhiasan dan benda penting di koper dan lemari

    Bisnis perhotelan tidak selalu dapat menghentikan pencurian. Jadi jangan tinggalkan perhiasan, dompet, atau barang berharga di kamar Anda, kecuali ada di brankas yang disediakan hotel. Kebijakan pemilik penginapan dapat memberikan pertanggungan untuk barang-barang Anda saat bepergian, jadi penting untuk melaporkan barang yang hilang atau dicuri sesegera mungkin.

    5. Jaga agar pintu kamar mandi tetap tertutup saat mandi

    Menikmati mandi air hangat di hotel tidak salah, namun jika uap masuk ke kamar dapat memicu sistem alarm kebakaran di hotel. Jadi pastikan untuk selalu menutup kamar mandi saat digunakan.

    6. Menutupi alarm asap

    Hotel-hotel tertentu masih memungkinkan perokok merokok di dalam kamar. Sebagian tamu ada yang bersikeras merokok di kamar bebas rokok. Masalahnya, para perokok sering kali menutup alarm asap sehingga mereka dapat merokok di dalam kamar. Hal ini mempertaruhkan keselamatan mereka dan tamu lainnya, kata Bryony Summer, pemilik dan editor coastingaustralia.com.

    7. Lupa memeriksa tempat tidur

    Bahkan hotel terbaik tidak dapat mencegah hal-hal yang mengganggu di kamar tidur. Mitch Krayton dari Krayton Travel, mengatakan, saat masuk ke kamar, sebaiknya periksa kamar tidur untuk memeriksa tidak ada hewan kecil yang mengganggu seperti kutu busuk.

    8. Merebus pakaian dalam di ketel

    Terdengar lucu, tapi banyak penghuni hotel yang masih merendam pakaian dalam mereka dalam ketel, termos, dan steamer.

    Jangan Pernah Lakukan Hal-hal Ini saat Menginap di Hotel

    9. Menggunakan bantal

    Jika  bantal di tempat tidur dan sofa tidak dapat dilepas, bisa dipastikan bantal-bantal tersebut tidak pernah dibersihkan secara menyeluruh. Pelancong Kashlee Kucheran dan pemilik traveloffpath.com, mengatakan setelah bantal telihat penuh noda dan sangat kotor, hotel baru menggantinya. Jadi jika melihat bantal seperti ini di kamar, jauhkan diri Anda.

    10. Menggunakan pemadam api sebagai gantungan baju

    Lemari pakaian umum untuk menggantung baju, tapi tidak dengan pemadam api. Bob Tupper, penulis Drinking In the Culture: Tuppers 'Guide to Exploring Great Beers in Europe, mengatakan, mereka yang menggantung pakaian di pemadam api tidak hanya bisa mematikan alarm kebakaran hotel, tetapi juga menghancurkan pipa menyebabkan air membanjiri kamar. Pastikan Anda berhati-hati.

    11. Mengirim informasi sensitif melalui Wi-Fi hotel

    “Tidak seorang pun boleh pernah mengirim informasi sensitif atau melakukan bisnis penting apa pun melalui Wi-Fi hotel, setidaknya tidak tanpa enkripsi,” kata Harold Li, wakil presiden ExpressVPN. 

    Sebab sangat mudah meretas hotspot Wi-Fi publik, Anda mungkin dapat membocorkan kata sandi dan nomor rekening Anda ke publik.

    12. Lupa baru mewarnai rambut

    Sebelum menginap di hotel, pastikan rambut yang baru saja diwarnai kering terlebih dulu. Handuk dan sprei yang terkena noda pewarna rambut sulit dibersihkan. Leslie Mulcahy, pemilik Rabbit Hill Inn di Vermont mengatakan, jika baru saja mencuci rambut hindari keramas di hotel atau bawa handuk sendiri untuk membungkus rambut sampai kering.

    13. Membawa hewan peliharaan

    Banyak orang tergoda membawa hewan peliharaan selama menginap, tapi urungkan niat tersebut tanpa bertanya apakah hotel tempat Anda menginap ramah hewan peliharaan. Jika jawabannya "Tidak," jangan mencoba menyelundupkan hewan ke kamar.

    Sebab hewan meninggalkan jejak dari rambut, bekas kaki sampai bau. Sementara  biaya pembersihan akan meroket jika Anda melanggar aturan.

    Journey to Swiss




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id