Tiram Bakar dengan Seaweed Butter ala Analiese Gregory

    Sunnaholomi Halakrispen - 14 Mei 2020 22:15 WIB
    Tiram Bakar dengan Seaweed Butter ala Analiese Gregory
    Berikut ini adalah resep tiram bakar dengan seaweed butter yang dikreasikan oleh Analiese Gregory. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Seaweed butter atau mentega rumput laut terasa manis-asin. Oyater atau tiram atau kerang yang dicampur dengan seaweed butter akan menjadikam racikan masakan itu lezat. Chef Analiese Gregory pun sangat menikmatinya, terlebih saat musim dingin.

    "Ada banyak tiram liar di sekitar pantai Tasmania, jadi kami memutuskan untuk melemparkan beberapa di atas bara dan membuat mentega dari rumput laut yang tumbuh di sekitar mereka," ujar Analiese Gregory dikutip dari Gourmet Traveller.

    Ia mengatakan bahwa mentega yang ditemukan di wilayahnya menggunakan rumput laut yang mudah ditemukan di pedagang grosir Jepang. Namun, Anda pun bisa menemukannya dengan membeli secara online. Berikut bahan-bahan yang direkomendasikan.

    Tiram Bakar dengan Seaweed Butter ala Analiese Gregory
    (Jika Anda penasaran dengan mengolah tiram, sontek cara membuatnya di bawah ini. Foto: Dok. Analiese Gregory/Gourmettraveller.com.au)

    Bahan:

    20 gr Shio kombu
    150 gr Mentega, encerkan
    20 gr Wakame kering, ditumbuk dalam penggiling rempah atau blender kecil
    1 sdt Kecap putih (shiro shoyu)
    1 lusin Tiram batu Pasifik atau Sydney

    Cara membuat:

    1. Panaskan terlebih dahulu kayu bakar sampai terbakar menjadi arang putih yang panas.
    2. Sementara itu, bilas shio kombu dan rendam dalam satu sendok makan air dalam mangkuk selama lima menit. Tiriskan, potong halus, dan tambahkan ke panci kecil dengan mentega, bubuk wakame, dan kedelai putih di atas api kecil. Aduk mentega sampai meleleh selama 3-4 menit.
    3. Sementara itu, letakkan tiram di rak kawat di atas bara panas selama 2-3 menit sampai panas. Tempelkan engselnya dengan pisau tiram dan sajikan dengan mentega hangat.

    Tips:
    Shio kombu, wakame kering, dan shiro shoyu tersedia di toko grosir yang biasanya menjual produk bahan masakan Jepang, baik toko offline maupun online shop. Selamat mencoba!



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id