Tempat Wisata di Bandung Terbaru

    Dhaifurrakhman Abas - 07 Mei 2019 19:17 WIB
    Tempat Wisata di Bandung Terbaru
    Selain NuArt Sculpture Park, ada beberapa tempat wisata yang belum lama beberapa tahun berdiri juga. Simak informasinya. (Foto: Dok. Tempatwisatadibandung.info)
    Tempat wisata di Bandung serasa tak ada habisnya. Salah satunya sebut saja WOT Batu, situs batu megalitikum berukuran jumbo yang diresmikan pada 2015, dibuka bagi publik pada 2016, WOT Batu bisa jadi alternatif berlibur untuk Anda dan keluarga. Selain itu ada Dusun Bambu, Jendela Alam, atau Floating Market Lembang yang bisa Anda dan keluarga kunjungi.


    Jakarta:
    Bukan tanpa alasan jika kota Bandung menjadi destinasi wisata masyarakat lokal dan internasional. Sebabnya, sejak dahulu wilayah ini sudah termahsyur akan kemolekannya.

    Bandung dikelilingi pegunungan serta berjuta keindahan alam yang menyelimutinya. Saking memesonanya, Belanda menginginkan Bandung jatuh ke dalam genggamannya. Lantas, pada 25 Mei 1810, Bandung berhasil jatuh di tangan kolonial.

    Saat itu pula Gubernur Jenderal, Herman Willem Daendels, memerintahkan untuk membangun Bandung sebagai sebuah kota berpenghuni. “Zorg, dat als ik terug kom hier een stad is gebouwd! (Ketika saya kembali lagi, usahakan telah dibangun sebuah kota),” kata Deandels menyerukan pembangunan.

    Sejak saat itu hingga Indonesia merdeka, Bandung tetap menjadi primadona. Pesona alamnya yang indah menjadikan Bandung tak pernah sepi dari para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

    Misalnya saja salah satu tempat wisata yang memanjakan mata salah satunya yaitu NuArt Sculpture Park yang berlokasi di Ciwaruga Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Sebuah tempat wisata yang dihuni oleh ratusan patung.

    Yang paling menarik dari tempat ini adalah merupakan tempat dibuatnya patung Garuda Wisuda Kencana (GWK) raksasa setinggi 121 meter. Salah satu Patung Hindu yang merupakan mahakarya I Nyoman Nuarta, sang pendiri NuArt Sculpture Park. Dibuat di NuArt Sculpture Park ini kemudian dibawa ke Bali.

    Tempat Wisata di Bandung Terbaru
    (NuArt Sculpture Park. Foto: Dok. Wikipedia.com)

    NuArt Sculpture Park

    Berdiri sejak tahun 2000 di atas lahan seluas tiga hektar, lokasi wisata di Bandung ini sarat akan ratusan patung yang bikin mata terbelalak. Mulanya, Nuarta mendirikan lokasi ini karena miris melihat wajah Kota Bandung di bagian Selatan yang mulai langka akan pepohonan.

    Hanya dengan bermodalkan fulus yang tipis, Nuarta memberanikan diri untuk bertanggung jawab mengembalikan kedigdayaan alam dari Selatan Bandung.

    Kerja kerasnya pun berhasil terbayar lunas. Sejak dibuka buat umum tahun 2000 silam, Nuarta berhasil mendirikan taman yang bisa dinikmati sembari menyaksikan karya seni patung nan indah.

    “Kita ini memang dari dulu ingin Hutan kita buat taman. Menggabungkan antara seni budaya dan alam. Itu selalu begitu. Karena kita pikir begini. Kalau kita lihat sekarang di Bandung, agak ke Selatan, hampir tidak lihat ada pohon,” kata Nuarta dalam Idenesia, program acara budaya yang ditayangkan Metro TV.

    Tempat para seniman berekspresi

    Selain patung raksasa GWK dan ratusan patung lainnya, NuArt Sculpture Park juga memiliki Galeri Teras. Nuarta bilang, lokasi ini didirikan khusus untuk para seniman menggelorakan ekspresinya. “Saya ingin tempat ini menjadi semacam art space yang bisa digunakan oleh siapa pun,” ungkap dia.

    Kawasan ini sering digunakan sebagai tempat pertunjukan teater. Namun tenang saja, bagi yang ingin belajar seni, galeri ini bisa dimanfaatkan para pengunjung, khususnya anak dan pelajar, untuk mengikuti Clay Act, Melukis Topeng Kertas dan Cutting Board.

    Nah, jika suka dengan Seni dan Patung, barangkali NuArt Sculpture Park bisa menjadi pilihan. Hanya dengan Rp50 ribu, Anda sudah bisa mengisi waktu liburan di Taman Patung ini mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

    Tempat Wisata di Bandung Terbaru
    (Dusun Bambu. Foto: Dok. 17sekians.com)

    Selain NuArt Sculpture Park, tempat wisata di Bandung terbaru antara lain:

    1. Kampoeng Tulip

    Lokasi baru kawasan wisata Bandung Timur ini terbukti telah mampu menjadi salah satu alternatif tempat liburan masyarakat Kota Bandung dan juga wisatawan sebagai tempat bermain, bersantai sambil menikmati alam indah. Kampung tulip juga menawarkan pesona kulinernya yang unik. Berdiri sejak akhir 2015, Kampoeng Tulip bisa jadi pilihan Anda dan keluarga.

    2. WOT Batu

    Perupa senior, Sunaryo, membangun situs batu megalitikum berukuran jumbo lewat sentuhan seni menawan. Situs batu-batu tersebut kemudian dia dirikan di atas lahan seluas 2.000 meter persegi. WOT Batu terinspirasi dari bahasa Jawa yang artinya jembatan jiwa. Diresmikan pada 2015, dibuka bagi publik pada 2016, WOT Batu bisa jadi alternatif berlibur untuk Anda dan keluarga.

    3. Dusun Bambu

    Dusun Bambu merupakan kawasan Ekowisata di kaki Gunung Burangrang ini meyajikan lanskap yang menarik. Dengan misi 7E yang merupakan singkatan dari Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, Estetika dan Entertaniment, Dusun Bambu resmi berdiri 16 Januari 2014 sebagai ekowanawisata pertama di Jawa Barat.

    4. Jendela Alam

    Jendela Alam adalah arena belajar, tempat outbound dan rekreasi untuk anak-anak dan dewasa dengan sentuhan alam yang indah dan udara yang sejuk, cocok pula sebagai tempat wisata keluarga untuk mengenal alam. Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri Lembang Bandung berdiri sejak 2009 lalu.

    5. Floating Market Lembang

    Floating Market Lembang Bandung mengusung konsep wisata berupa pasar terapung tradisional mirip seperti yang ada di Langkat Sumatera utara atau Sungai Kuin yang ada di Kalimantan.

    Hawa sejuk serta panorama pegunungan bisa jadi salah destinasi bagi Anda dan keluarga. Diresmikan operasionalnya mulai tanggal 12 Desember 2012, Floating Market kini menjadi wisata unggulan daerah Lembang.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id