6 Rekomendasi Kuliner di Korea Selatan

    Sunnaholomi Halakrispen - 23 Juni 2019 11:52 WIB
    6 Rekomendasi Kuliner di Korea Selatan
    Chuncheon Dakgalbi dan Makguksu, di Provinsi Gangwon, Korea Selatan. (Foto: Courtesy of CNN)
    Korea Selatan bukan hanya terkenal karena K-Popnya tapi berbagai hal seputar kulinernya juga merupakan hal yang patut Anda coba. Misalnya Chuncheon dakgalbi dan makguksu. Provinsi Gangwon dikenal karena dua hal, yaitu Dakgalbi dan Makguksu. Dakgalbi dimulai sebagai hidangan potongan ayam panggang. Saat ini, dakgalbi adalah ayam yang dibumbui dan ditumis, dilengkapi ubi, daun perilla, dan kol.


    Jakarta: Makan siang seperti kerajaan kuno atau hidangan yang terlihat terlalu cantik bahkan makanan yang terlalu mengerikan untuk dimakan, merupakan hidangan khas Korea Selatan. Hidangan tersebut pun telah menjadi favorit lokal selama bertahun-tahun.

    Sekarang, mereka menawarkan pengunjung alternatif tarif makanan standar. Nah, di sinilah tempat makan yang bisa menjadi rekomendasi daftar kuliner Anda ketika bepergian ke Korea Selatan.

    6 Rekomendasi Kuliner di Korea Selatan
    (Pocheon makgeolli yaitu anggur beras Korea dengan sedikit asam, sebagian besar manis. Foto: Courtesy of CNN)

    1. Seolleongtang, Seoul

    Seoul telah memasukkan hidangan daerah ke dalam menu lokalnya selama menjadi pusat budaya dan perdagangan di Korea Selatan. Contohnya, Seoul yang mungkin tidak menjadi lokasi ditemukannya bibimbap pertama kali, tetapi berkembang dengan adanya restoran bibimbap.

    Salah satu makanan lokal yang tak dapat disangkal adalah Seolleongtang, yaitu sup tulang sapi yang keruh dan putih. Hidangan ini lezat dan mengisi semua bahannya dengan rasa yang sempurna. Kaldu melimpah dari tulang sapi yang dimasak selama 10 jam yng menghasilkan warna putih pucat si tulang sapi.

    Sup yang memuaskan ini mungkin menjelaskan bagaimana orang Korea bertahan dengan musim dingin. Ketika dinikmati dengan nasi, kurangnya daging yang berada di dalam sup tidak akan menjadi masalah.

    2. Pocheon makgeolli, Provinsi Gyeonggi

    Klaim Provinsi Pocheon untuk ketenarannya ialah Makgeolli. Menu yang menyajikan anggur beras Korea dengan sedikit asam, sebagian besar manis, dan mudah dikenali dari warnanya yang putih krem. Makgeolli yang baik dapat ditemukan di seluruh negeri. Tapi pada dasarnya setiap daerah memiliki proses fermentasi masing-masing. 

    3. Chuncheon dakgalbi dan makguksu, Provinsi Gangwon

    Chuncheon, Gangwon-do dikenal karena dua hal, yaitu Dakgalbi dan Makguksu. Dakgalbi dimulai sebagai hidangan potongan ayam panggang. Saat ini, dakgalbi adalah ayam yang dibumbui dan ditumis, dilengkapi ubi, daun perilla, dan kol.

    Sedangkan, Makguksu adalah mie soba dalam kaldu kimchi dingin, yang seringkali dengan tambahan rasa manis dengan bumbu lain. Ada gula, mustard, minyak wijen atau cuka. Mie ini diberi topping sayuran apa saja yang sesuai dengan keinginan koki.

    6 Rekomendasi Kuliner di Korea Selatan
    (Seolleongtang, yaitu sup tulang sapi yang keruh dan putih. Hidangan ini lezat dan mengisi semua bahannya dengan rasa yang sempurna. Foto: Courtesy of CNN)

    5. Byeongcheon sundae, Provinsi Chungcheong Selatan

    Sundae pada dasarnya adalah jenis puding darah yang terbuat dari usus babi atau sapi diisi dengan mie kaca, daging giling, sayuran, dan darah yang membeku. Semua bahan dikukus menjadi gulungan daging yang lezat dan disiapkan dengan diiris dan biasanya disajikan dengan bagian daging babi lainnya, seperti paru-paru dan jantung.

    6. Jeonbokjuk, Pulau Jeju

    Jeonbokjuk adalah bubur berbasis beras yang dibuat dengan abalone kenyal dan minyak wijen. Menu kuliner ini merupakan salah satu upeti yang dihadirkan oleh penduduk Pulau Jeju secara historis kepada raja. 

    Selain rasa gurih dan teksturnya yang menenangkan, jeonbokjuk juga memiliki khasiat sebagai makanan kesehatan. Dikatakan bermanfaat terutama bagi yang hamil, yang tua dan yang sakit-sakitan.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id