7 Rekomendasi Makanan yang Dibawa saat Mendaki Gunung

    Sunnaholomi Halakrispen - 11 Agustus 2020 16:08 WIB
    7 Rekomendasi Makanan yang Dibawa saat Mendaki Gunung
    Coklat batang menjadi salah satu makanan yang bisa dibawa untuk memenuhi asupan energi. (Foto: Ilustrasi/Freepik)
    Jakarta: Membawa makanan ringan memang pilihan terbaik bagi para pendaki karena tidak memberatkan barang bawaan di dalam tas carrier. Namun, tidak semua makanan yang ringan dapat memenuhi kebutuhan gizi harian.

    Meskipun berada di puncak gunung, pilihan makanan tidak boleh sembarangan. Sebab, akan memengaruhi kondisi pencernaan serta daya tahan tubuh.

    "Saat naik gunung dapat mengonsumsi makanan sehat yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta serat yang cukup," ujar Pakar Gizi dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.Gk, kepada Medcom.id.

    Kemudian, pilihlah makanan yang mengenyangkan dan bisa memberikan energi yang cukup. Pastikan juga bahwa harus cukup cairan. Berikut 7 rekomendasi makanan yang boleh dibawa saat naik gunung.

    1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

    Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan vitamin, serat, protein, mineral, dan lemak sehat. Beberapa pilihannya ialah kacang almond, kacang mete, biji labu, serta biji bunga matahari.

    2. Roti tawar

    Roti tawar yang kaya gandum mengandung karbohidrat, protein, serat yang tinggi. Kandungan tersebut bisa menjaga kekenyangan atau mengatasi rasa lapar selama mendaki gunung.

    3. Ikan sarden

    Ikan sarden kaleng adalah salah satu makanan yang mudah diolah di puncak gunung. Walaupun dikemas di dalam kaleng, ikan sarden mengandung protein, sumber kalsium, fosfor, asam lemak omega 3, riboflavin, niasin, vitamin B-12 dan vitamin D, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

    4. Abon dan sosis

    Abon dan sosis merupakan makanan instan yang mudah dibawa dan dinikmati bagi para pendaki gunung. Beberapa di antaranya mengandung vitamin B12, protein, serta zat besi yang cukup tinggi.

    5. Tahu dan tempe

    Tahu dan tempe merupakan makanan bergizi yang penuh nutrisi. Bahkan, proses mengolahnya sangat mudah, Anda hanya perlu merendam dengan air garam dan menggoreng atau merebusnya.

    6. Buah kering

    Dikutip dari Livestrong, buah kering memberikan kelebihan. Mulai dari umur simpan yang lebih lama serta mudah dibawa dibandingkan dengan buah segar. Buah kering mengandung lebih banyak kalori, tinggi serat, sumber antioksidan, dan bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat.

    7. Coklat batang

    Coklat batang juga bisa dibawa selama pendakian, karena banyak mengandung gula. Gula yang merupakan karbohidrat simpel itu, mudah dimetabolisme oleh tubuh dan berfungsi sebagai sumber energi.

    "Jadi kalau kelelahan karena kurang energi ya makan coklat dapat langsung mengembalikan energi yang hilang. Intinya semua boleh tinggal disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing," jelas dr. Jovita.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id