Indonesia jadi Premium Partner OTM Mumbai Promosikan Pariwisata di India

    Sunnaholomi Halakrispen - 08 Februari 2020 15:18 WIB
    Indonesia jadi Premium Partner OTM Mumbai Promosikan Pariwisata di India
    Foto: istimewa (Biro Komunikasi Kemenparekraf RI)
    Jakarta: Indonesia menjadi premium partner atau mitra prioritas dalam ajang pameran pariwisata Outbound Travel Mart (OTM) 2020 di Kota Mumbai, India. Partisipasi kali ini sebagai salah satu upaya promosi pariwisata kepada publik di India.

    Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) RI, R. Sigit Witjaksono, mengatakan bahwa kegiatan OTM akan dimanfaatkan untuk menginformasikan kepariwisataan Indonesia. Ditujukan kepada industri pariwisata dan publik India.

    “Publik India perlu tahu bahwa Indonesia tidak hanya terbatas di Bali. Ada banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Sigit dalam keterangan pers Kemenparekraf RI yang diterima Medcom.id.

    Hal ini tentunya adalah kabar baik. Tidak hanya bagi turis India, tapi juga pelaku bisnis pariwisata karena semakin banyak kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka.

    OTM sendiri merupakan pameran pariwisata yang digelar di salah satu exhibition centre terbesar di Kota Mumbai, yakni di Bombay Exhibition Centre. Kegiatan promosi yang digelar pada tanggal 3-5 Februari 2020 itu, menyasar langsung pelaku pariwisata dan khalayak luas India.

    Melalui ajang itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupaya terus aktif menggarap pasar India. “Indonesia kembali mempromosikan ragam destinasi wisatanya, terutama lima destinasi prioritas di India, dengan berpartisipasi pada acara ini,” katanya.

    Pameran pariwisata OTM merupakan pameran pariwsata yang bersifat business to business dan business to consumer. Dua hari pertama berfokus pada transaksi bisnis antara seller dan buyer.

    Acara itu pada hari terakhir didatangi khalayak ramai (consumer) yang berpartisipasi langsung di paviliun-paviliun pada pameran tersebut. Mereka mencari penawaran-penawaran menarik ke berbagai destinasi di seluruh dunia.
    Indonesia jadi Premium Partner OTM Mumbai Promosikan Pariwisata di India
    Foto: istimewa (Biro Komunikasi Kemenparekraf RI)

    Dalam partisipasinya kali ini, Wonderful Indonesia tidak hanya berusaha meningkatkan target selling melalui penjualan paket wisata. Namun, juga berusaha menampilkan budaya dan keramahan khas Indonesia melalui pertunjukan tari tradisional, penyajian camilan khas, dan kopi asli Indonesia oleh barista yang siap menyuguhkan citra Indonesia sebagai destinasi favorit.

    ”Ada yang spesial dalam pameran kali ini, dimana Wonderful Indonesia mendapatkan kehormatan bertindak sebagai premium partner,” paparnya.

    Sebagai premium partner, Wonderful Indonesia memperoleh kesempatan mendapat maximum exposure dengan ditampilkannya logo Wonderful Indonesia di setiap sudut ruang pameran. Juga mendapatkan lahan terbesar pada pameran sebesar 300 meter persegi.

    Lokasi venue Indonesia kali ini pun sangat strategis yaitu di paviliun Nomor B200 tepat di depan meja registrasi pameran. Selain itu, Paviliun Indonesia mendapatkan prioritas untuk dikunjungi oleh rombongan agen-agen pariwisata dari beberapa kota di India. 

    Berdasarkan data terakhir, jumlah kunjungan wisman India ke Indonesia pada periode Januari-November 2019 tercatat sebesar 595.289 atau naik 11,19 persen dari periode yang sama pada tahun 2018 sebesar 536.267. 

    Hal tersebut menarik banyak pelaku pariwisata Indonesia untuk semakin aktif melakukan promosi pariwisata ke India. Tercatat sebanyak 38 industri pariwisata Indonesia yang terdiri dari travel agents/tour operators, hotel, airline, restoran, dan lain-lain ikut bergabung dalam paviliun Wonderful Indonesia OTM edisi 2020. Jumlah ini meningkat dari 30 peserta pada partisipasi Wonderful Indonesia pada OTM 2019. 

    "Mengingat antusiasme dari industri dan buyers ke Paviliun Indonesia ini, organizer OTM menyatakan minatnya untuk di masa yang akan datang dapat mengadakan pameran OTM di Indonesia," pungkasnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id