Mencicipi Hidangan Otentik Khas Spanyol di Jakarta

    Medcom - 12 Oktober 2019 19:04 WIB
    Mencicipi Hidangan Otentik Khas Spanyol di Jakarta
    Salah satu sudut ruangan di Txoko Restaurtant. (Foto: Sandra Odilifia)
    Jakarta: Ketika kita berbicara masakan Eropa yang favorit di Indonesia, dua negara yang paling dulu disebutkan adalah Prancis dan Italia. Tapi makin ke sini, Spanyol mulai menunjukkan diri bahwa masakan dari Negeri Matador tak kalah enaknya dari dua negara tersebut.

    Salah satu makanan khas Spanyol yang mulai eksis dan diterima di lidah orang Indonesia adalah Txoco Restaurant. Txoco yang dalam penyebutannya adalah Cho-ko, merupakan restoran khas Basque Country, daerah yang terletak di Utara Spanyol.

    Dalam bahasa Indonesia Txoco berarti sudut yang nyaman. Sesuai dengan namanya, Txoko memiliki fasilitas untuk mengakomodir acara dengan kebutuhan ruangan ukuran sedang, hingga yang berukuran kecil. 

    Bangunan dua lantai ini mampu menampung hingga 110 tamu untuk berbagai acara spesial. Ketika memasuki Txoco, Anda akan disambut dengan nuansa Mediterania yang cerah dan ceria, sesuai dengan tema tradisional Basque Country yang unik. Tempat ini sangat instagenik, cocok untuk menambah koleksi foto instagram Anda.

    Mencicipi Hidangan Otentik Khas Spanyol di Jakarta
    Salah satu sudut ruangan di lantai 2 Txoko Restaurant. (Foto: Txoko)

    Selain itu, Txoko menawarkan hidangan otentik khas Basque Country. Terpenting, resto ini memastikan kesegaran serta kualitas bahan makanannya.

    Terdapat berbagai jenis makanan yang biasa ditemukan di Basque mulai dari cemilan, dessert, minuman hingga makanan berat. Ini semua dimasak oleh koki berkebangsaan Spanyol yang sudah 20 tahun melalangbuana di berbagai negara yaitu Oskar Urzelai.

    Grilled octopus with boletus cream

    Mencicipi Hidangan Otentik Khas Spanyol di Jakarta
    Salah satu hidangan Txoko khas Basque adalah Grilled Octopus dengan Boletus Cream. Ini berupa gurita panggang yang dipotong menjadi beberapa bagian dan dibalut dengan krim boletus dari jamur. Sajian ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Sehingga menu ini bakal memanjakan lidah Anda.

    Black rossejat with seafood

    Bagi pencinta mie, Anda tak perlu khawatir. Spanyol juga memiliki mie untuk Anda nikmati, salah satunya Black Rossejat with Seafood. Seperti namanya, mie ini dimasak menggunakan tinta hitam dari cumi-cumi sehingga menghasilkan warna eksotis pada mie. Tak hanya itu, mie hitam juga dihiasi dengan udang, cumi, dan lain-lain.

    Mencicipi Hidangan Otentik Khas Spanyol di Jakarta

    Sajian Black Rossejat with Seafood ini cukup besar. Cocok untuk dinikmati sekira tiga sampai empat orang. 

    Beef Striploim Salad with Popcorn and Black Sesame Dressing 

    Menurut koki Oskar, kuliner selalu menjadi prioritas utama bagi masyarakat Basque Country. Selain itu, kuliner Spanyol juga terkenal dengan makanannya yang menyehatkan.
    Oskar mengatakan sangat antusias untuk menemukan ide-ide dan metode baru dalam menjaga warisan gastronomi negaranya. 

    “Masakan Basque terus berkembang, selalu ada penambahkan bahan-bahan, rasa dan teknik baru yang menyempurnakan resep yang telah diwariskan dari generasi ke generasi sejak berabad-abad yang lalu” kata koki Oskar Urzelai.

    Mencicipi Hidangan Otentik Khas Spanyol di Jakarta

    Inilah salah satu menu sehat yang mungkin Anda suka, Beef Striploim Salad with Popcorn and Black Sesame Dressing. Hidangan berisi ragam sayuran didampingi dengan irisan persegi daging striploin sangat cantik dipandang dan lezat dimakan. Salad ini juga dilengkapi dengan popcorn yang membuat sajian ini renyah saat digigit. 

    Hidangan lainnya 

    Menu lainnya yang tak kalah menarik yaitu Granma's Recipe Basque Seafood Soup, Fried Potatoes with Spicy Tomato Sauce and Foamy Alioli, Marinated Salmon with Avocados Foam and Mustard Ice Cream, Artichokes with Clams, Garlic Prawns Pret-a-Porter, Vegetarian Red Capaccio, Black Rossejat (Noodles) Seafood with Alioli Sauce dan Apple Tatin 'Pays Basque'. 
    Selain makanan, Txoko juga menyediakan minuman seperti Tea, Ice Tea Lemon, Mineral Water, Sparkling Water, dan lain-lain. 

    Jadi, jika Anda ingin mencicipi hidangan khas Basque Country dalam suasana ala Spanyol,Txoko bisa jadi tempat pilihan Anda bersama keluarga, sahabat atau bahkan rekan bisnis Anda. Sedangkan lokasinya pun lebih mudah dijangkau, yaitu berada di pusat kuliner Senopati. Atau lebih tepatnya di Jalan Suryo No. 6, Senopati, Jakarta Selatan. 

    Sandra Odilifia.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id