Manfaat Kimchi bagi Kesehatan

    Raka Lestari - 11 Desember 2019 14:03 WIB
    Manfaat Kimchi bagi Kesehatan
    Kimchi merupakan salah satu makanan pendamping yang sangat terkenal dari Korea Selatan. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Kimchi merupakan salah satu makanan pendamping yang sangat terkenal dari Korea Selatan. Orang Korea biasa mengonsumsi Kimchi dengan beberapa makanan utama lainnya.

    Hidangan ini terbuat dari kubis yang difermentasikan sehingga menghasilkan sensasi rasa asam. Meskipun begitu, ternyata Kimchi memiliki manfaat bagi kesehatan Anda.

    Berikut ini adalah beberapa manfaat Kimchi bagi kesehatan, seperti dilansir womenshealthmag.

    Baik untuk kesehatan usus

    “Sama seperti sayuran dan makanan yang difermentasi lainnya, Kimchi juga kaya akan manfaat probiotik,” ujar Samantha Cassety, RD, ahli diet dari New York.

    Probiotik dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah bagi pencernaan Anda. Mengonsumsi Kimchi dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus Anda, tambah Alissa Rumsey, RD, ahli terapi nutrisi dan pemilik Alissa Rumsey Nutrition and Wellness.

    Meningkatkan sistem imun

    Manfaat Kimchi dalam sistem pencernaan juga berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh Anda. “Probiotik dalam kimchi bermanfaat untuk fungsi kekebalan tubuh karena sebagian besar fungsi kekebalan terjadi di usus,” ujar Cording. Ketika usus Anda dalam kondisi yang baik, sistem kekebalan tubuh Anda lebih mampu berfungsi secara optimal, katanya.

    Menurunkan kolesterol

    Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang makan kimchi secara teratur cenderung memiliki kadar kolesterol "jahat" (LDL) yang lebih rendah. "Meskipun memang ilmuwan tidak yakin bahan mana dalam kimchi yang secara tepat bermanfaat," kata Rumsey. Namun bahan-bahan pada kimchi, mulai dari Kubis, cabai merah, bawang putih, jahe, dan bakteri asam laktat semuanya memiliki manfaat kesehatan.

    Kimchi dapat meningkatkan kesehatan jantung

    Selain mendukung kolesterol sehat, kimchi juga dapat membantu jantung Anda dengan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh Anda, kata Cassetty. "Antioksidan membantu menstabilkan sel-sel yang rusak yang dapat mempercepat proses penyakit, sehingga memiliki status antioksidan yang tinggi dapat melindungi Anda dari kondisi kronis, seperti penyakit jantung," jelasnya.

    Membantu mengatasi inflamasi

    Manfaat lain dari usus yang sehat adalah otak yang bekerja lebih baik. "Menjaga sistem pencernaan tetap sehat juga penting bagi otak karena sistem saraf enterik di usus berkomunikasi dengan otak Anda," kata Cording. Koneksi usus-otak ini membutuhkan usus yang sehat agar berfungsi dengan baik.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id