Covid-19 Mewabah, Wishnutama: Calendar of Event Ditunda

    Sunnaholomi Halakrispen - 19 Maret 2020 20:33 WIB
    Covid-19 Mewabah, Wishnutama: Calendar of Event Ditunda
    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (tengah) bersama jajarannya mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR. (Foto: Antara Foto/Aprilia Akbar)
    Jakarta: Pasien positif covid-19 (new coronavirus) di Indonesia menjadi 309 kasus. Lantaran kasus yang bertambah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan bahwa Calendar of Event 2020 (COE) dibatalkan.

    Ia mengimbau agar sektor pariwisata dan ekonomomi kreatif, termasuk dinas dan asosiasi di masing-masing daerah membantu mencegah penyebaran covid-19. Salah satunya, melakukan penundaan kegiatan yang diselenggarakan di dalam dan luar ruang.

    Termasuk, jenis acara seperti konser musik, festival, pelatihan, bazar, seminar, pameran. Juga konferensi yang dilaksanakan selama masa darurat bencana covid-19 masih diberlakukan oleh Pemerintah Pusat.

    “Kami juga akan kembali melakukan pendukungan pelaksanaan Calendar of Events 2020 dan penyelenggaraan kegiatan lainnya setelah masa darurat bencana covid-19 dinyatakan selesai oleh Pemerintah Pusat,” tutur Wishnutama dalam rilis yang diterima Medcom.id.

    Ia juga meminta agar seluruh pihak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melaksanakan protokol kesehatan berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/199/2020 terkait covid-19 di wilayah kewenangan masing-masing.

    Wishnutama juga meminta dinas terus memantau dan melaporkan, dampak ekonomi akibat pandemi covid-19 pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masing-masing daerah kepada Kemenparekraf.

    Sementara bagi asosiasi atau pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif, Wishnutama juga mengimbau agar memberlakukan protokol kesehatan yang sama. Kemudian, menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) dengan jarak satu meter, sesuai dengan standardisasi WHO (World Health Organization).

    "Serta melakukan koordinasi dengan dinas yang menangani pariwisata, ekonomi kreatif, dan ketenagakerjaan untuk menangani dampak covid-19 bagi dunia usaha dan berupaya secara maksimal agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja dengan karyawan," paparnya.

    Saat ini, kata Wishnutama, prioritas Kemenparekraf ialah melindungi kesehatan dan keselamatan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, menjaga ketahanan ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional, agar tidak terjadi pemutusan hubungan kerja dengan karyawan.

    Ia menekankan bahwa imbauan tersebut merupakan upaya yang paling efektif untuk membantu agar pandemi covid-19 cepat berakhir. Sehingga, seluruh industri Pariwisata dan pelaku Ekonomi Kreatif dapat beroperasi normal kembali.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id