10 Destinasi Terbaik Pariwisata Indonesia

    Sunnaholomi Halakrispen - 19 Oktober 2019 06:00 WIB
    10 Destinasi Terbaik Pariwisata Indonesia
    Menpar Arief Yahya menganugerahi Pesta Kesenian Bali berada di posisi teratas dengan poin penilaian tertinggi. (Foto: Fenny Selly/Antara)
    Jakarta: Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, meluncurkan Calendar of Events (CEO) 2020. Sebanyak 10 destinasi pariwisata Indonesia yang masuk dalam Top 10 pun disebutkannya.

    Event destinasi tersebut, di antaranya Pesta Kesenian Bali, Jember Fashion Carnival, Banyuwangi Ethno Carnival, Art Jog, dan Sanur Village Festival. Pada acara itu akan diadakan juga Iron Man 70.3 Bintan, Borobudur Marathon, Java Jazz, F8 Festival, dan Tomohon International Flower Festival.

    Kesepuluh event pariwisata tersebut dipilih berdasarkan seleksi ketat dari pihak Kementerian Pariwisata. Ada sejumlah kurator terpilih yang terdiri dari kalangan profesional.

    "Event paling terbaik, Pesta Kesenian Bali," ujar Arief dalam Peluncuran COE 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata.

    Pesta Kesenian Bali mendapatkan posisi teratas dengan poin penilaian tertinggi. Menurut Menpar, event yang telah menjadi agenda rutin setiap tahun ini dilaksanakan dengan sangat sempurna.

    Event Pesta Kesenian Bali juga memenuhi kriteria 3C yang selalu ditekankan Arief sebagai hal penting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kualitas event dalam destinasi pariwisata. Cultural/Creative Value, Commercial dan Communication Value, dan CEO Commitment, ketiganya diterapkan dengan sempurna.

    "Pesta Kesenian Bali adalah contoh ideal event yang sempurna, CEO komitmennya sudah 36 tahun. Tidak heran jika yang datang ke event ini separuhnya bule asing,dan separuhnya wisatawan nusantara," terangnya.

    Create event-nya juga dinilai selalu bagus. Koreografer yang ditampilkan selalu bisa membius ketertarikan para pengunjungnya. Tak lupa, dilengkapi cultural performance.

    Lantaran Pesta Kesenian Bali dinilai terbaik, Arief menyarankan diadakan coaching clinic di Bali. Nantinya, event pariwisata di daerah lainnya dapat mengikuti pola kesuksesan yang didapatkan oleh event di Bali itu.

    "Kami berharap setiap daerah serius menyusun dan menggarap event yang sudah masuk dalam 100 COE 2020 agar, bisa mendatangkan wisman lebih banyak lagi ke Indonesia," pungkasnya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id