Mengenal Cita Rasa Kopi Aceh Gayo Wine

    Yatin Suleha, Sunnaholomi Halakrispen - 21 Februari 2020 15:19 WIB
    Mengenal Cita Rasa Kopi Aceh Gayo Wine
    Kopi Aceh Gayo Wine (Foto: Koba Roastery/Instagram)
    Jakarta: Kopi Aceh Gayo Wine merupakan racikan unik kopi yang berasal dari Aceh. Kopi ini berbeda dengan kopi lainnya, bukan hanya dari nama tetapi juga soal penampilan, aroma, serta rasa.

    Kopi ini bukan berarti memabukkan seperti meminum wine. Tetapi cara penyajiannya yang mirip dengan membuat wine, yaitu melalui proses fermentasi.

    "Gayo Wine itu adalah kopi Gayo yang diproses seperti wine, sebenarnya dia difermentasi," ujar Hanan Abdullah selaku Owner Koba Roastery, Coffee Cafe di Depok, kepada Medcom.id.

    Kopi diproses mulai dari green bean, kemudian ada proses fermentasi. Sehingga rasanya lebih asam. Sedangkan, kopi Gayo umumnya diproses dengan cara semi wash.

    Maka demikian, rasa dari Kopi Gayo lebih terasa pekat body kopinya. Hanan menjelaskan, ketika Kopi Gayo dibuat menjadi Kopi Gayo Wine, rasanya akan mirip dengan rasa wine.

    Hanan menambahkan, ada Kopi Aceh Gayo Wine yang tidak keluar rasa body kopi-nya. Maka rasa pahitnya sangat sedikit, ada manis, dan asamnya. Itu yang membuat orang suka Gayo Wine.

    "Apalagi jika penyeduhannya menggunakan cara japanese drip. Kopi diseduh menggunakan V60 (V Sixty), kemudian di bawahnya kita kasih es. Ketika air panas menyentuh es, itu asamnya lebih keluar lagi," jelasnya.

    "Kalau menurut sebagian orang, benar atau tidak perlu dikoreksi bahwa Gayo Wine itu adalah proses kopi yang failed awalnya, ternyata market ada yang suka," paparnya.

    Jenis kopi ini telah dikenal banyak orang yang memahami soal kopi. Namun, istimewa atau tidaknya jenis kopi ini tidak bisa digeneralisasikan. Sebab, tergantung pada pendapat setiap orang yang menikmatinya.

    Melihat masih adanya market Kopi Aceh Gayo Wine, kopi ini dinilai sebagai kopi yang istimewa bagi para pencintanya. Khususnya, orang yang menyukai kopi dengan rasa asam.






    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id