Manfaat Melakukan Detoks Digital saat Liburan

    Raka Lestari - 19 Oktober 2019 18:08 WIB
    Manfaat Melakukan Detoks Digital saat Liburan
    ilusrasi--pexels
    Jakarta: Saat liburan adalah saat-saat dimana Anda tidak perlu lagi membuka gawai atau mengecek akun media sosial yang Anda miliki. Liburan adalah waktu yang tepat untuk bersantai dan rileksasi.

    Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Travel Research menemukan bahwa para traveler yang melakukan detoks digital saat berlibur memiliki pengalaman yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

    Meskipun pada awalnya Anda mungkin merasa khawatir dan cemas ketika harus melakukan detoks digital saat berlibur, dengan melepaskan diri dari teknologi saat berlibur dapat meningkatkan rasa penerimaan dan kebahagiaan.

    Selain itu, mereka yang meminimalkan penggunaan teknologi ketika traveling akan memiliki lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan teman perjalanan mereka dan berkenalan dengan orang baru. 

    “Berdasarkan penelitian tersebut, kami menemukan bahwa partisipan yang memberanikan diri untuk melakukan detoks digital cenderung lebih menikmati liburan mereka, dibandingkan mereka yang tidak melakukannya,” kata Dr Brad McKenna dari Norwich Business School Universitas East Anglia.

    Selain itu, lanjutnya, mereka juga jauh lebih fokus pada lingkungan saat melakukan detoks digital, dan tidak terganggu oleh pesan yang masuk atau pemberitahuan dari ponsel mereka.

    Bahkan, Anda mungkin tidak menyadari bahwa teknologi berkontribusi terhadap kecemasan Anda sampai Anda berhenti menggunakannya. Inilah mengapa melakukan detoks digital saat traveling sangat diperlukan.

    “Meskipun teknologi sudah banyak membantu kita, saya rasa kita menjadi kehilangan salah satu aspek penting saat traveling. Aspek tersebut adalah berkurangnya perhatian selama perjalanan. Dengan sibuk menggunakan ponsel, maka perhatian Anda akan teralih dan tidak menikmati momen-momen indah saat liburan tersebut,” ujar Matthew Kepnes, penulis buku How to Travel the World on $50 a Day. 

    Kebanyakan orang, terpaku pada ponsel mereka dan sibuk untuk membagikan liburan mereka ke media sosial. "Kebanyakan orang justru lebih sibuk untuk melakukan chatting atau bermain media sosial dibandingkan bertemu orang-orang,” tambah Kepnes. 

    Jika Anda merasa bahwa mematikan ponsel selama liburan Anda terasa berat, cobalah untuk menonaktifkan ponsel Anda selama liburan akhir pekan. Setelah Anda beristirahat dari dunia maya, Anda mungkin akan merasakan hal-hal yang tidak Anda rasakan sebelumnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id